FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 07-2018

    3565

    Di Mamberamo Raya, Julukan Menteri Sinyal Bermula

    Kategori Berita Kominfo | mth
    Menteri Kominfo Rudiantara bersama warga Kampung Sikari dan Kepala Kampung sebelum melanjutkan perjalanan kembali usai melihat dan menyaksikan akses telekomunikasi USO melalui BTS yang dibangun oleh BAKTI Kominfo di Kampung Sikari, Distrik Batavia, Kab. Mamberamo Raya, Papua, Selasa (17/07/2018) - (gerhana)

    Mamberamo Raya, Kominfo - Bupati Mamberamo Raya Dorinus Dasinapa tampak senang ketika Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara bertandang ke wilayah yang dipimpinnya. Padahal, baru saja bicara per sambungan seluler dua hari yang lalu untuk rencana kunjungan melihat pembangunan Palapa Ring Timur dan BTS 3T.

    "Terima kasih untuk melirik dalam perjalanan. Selamat datang di Tanah Seribu Misteri Sejuta Harapan. Saya bangga karena kedatangan Pak Menteri tercatat dalam sejarah baru pertama kali seorang menteri mengunjungi Mamberamo Raya dalam kepemimpinan kami," ungkapnya di Guest House Kasonaweja Kab. Mamberamo Raya, Papua, Selasa (17/07/2018).

    Bupati Mamberamo Raya menyebut saat ini Pemerintah Pusat sudah dapat menunjukkan pembangunan berlangsung sampai ke desa dan pelosok. "Konsepnya banyak yang luar biasa. Implementasinya sudah sampai ke daerah Saya berdoa kepada Tuhan untuk selalu dikasih pertolongan," katanya.

    Menurut Bupati Dasinapa, kabupaten yang dipimpinnya memiliki Sungai Mamberamo Raya. Salah satu sungai terbesar di Papua serta hutan lebat masih perawan dengan potensi wisata dan kayu. 

    "Belum digarap maksimal untuk kebutuhan rakyat. Mohon kiranya sentuhan yang diberikan kepada kami di bidang telekomunikasi telah diikuti bidang lain. Rakyat  membutuhkan listrik, infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan bahan pokok yang terjadwal bagi masyarakat," paparnya.

    Dalam bidang telekomunikasi yang menjadi sasaran kunjungan Menteri Kominfo, menurut Bupati Mamberamo Raya saat ini sudah dibangun sejumlah BTS oleh BAKTI di 9 titik dan NOC untuk Palapa Ring.

    "BTS yang dibangun BAKTI Kominfo sudah luar biasa jaringannya, masyarakat berterima kasih. Bisa telepon daerah yang lain," ungkapnya.

    Tidak hanya untuk masyarakat, akses telekomunikasi yang  dibangun  menurut Bupati  Dasinapa  juga membantu pengamanan daerah yang banyak terdiri dari hutan dan rawa itu.  "Tower yang baru dibangun di Gunung Sinome dan Batiwa Kampung Burmeso. Apa yang terjadi dibutuhkan ABRI atau polisi untuk jaga hutan luas, bayangkan jika tanpa Palapa Ring dan BTS pasti  butuh banyak orang," ungkapnya.

     

    Menteri Sinyal

    Sejumlah masyarakat yang ikut menjemput Menteri Kominfo dari Bandara Kasonaweja tampak tak sabar menunggu giliran untuk bertemu dan bicara dengan Menteri Rudiantara.  Usai sambutan dari Bupati Mamberamo Raya, Menteri Kominfo segera keluar anjungan guest house sambil membawa mikrophone. 

    "Bapak dan Ibu sekalian termasuk anak-anak saya datang ke sini untuk memastikan pembangunan menara telekomunikasi berlangsung baik. Agar kehidupan masyarakat di sini lebih baik," katanya dalam sambutan.

    Tak berapa lama seorang warga bertanya kapan lampu bisa nyala lagi di Mamberamo? Sejurus kemudian Menteri Rudiantara menjawab bahwa kedatangannya untuk membangun dan memastikan  akses  sinyal telekomunikasi. 

    "Saya bukan menteri lampu tapi Menteri Sinyal. Saya datang ke sini bawa sinyal lewat BTS itu yang bisa bapak dan ibu gunakan untuk telepon," katanya.

    Kontan Freddy, warga Mamberamo minta tolong agar disampaikan ke Menteri yang urusi lampu agar segera ada listrik.  "Tolong sampaikan Pak Menteri, kami butuh listrik. Kalau sinyal kami juga ucapkan terima kasih sudah dibantu," jelasnya.

    Tak berapa lama Menteri Kominfo berjalan kaki menuju tempat mendarat helikopter yang akan membawanya ke Kampung Sikari Distrik Batavia Kab. Mamberamo Raya. Selama perjalanan menuju lokasi helikopter, beberapa warga tampak bersalaman dan berfoto bersama Menteri Rudiantara.

    Setelah perjalanan dengan helikopter selama kurang lebih 40 menit, Menteri Kominfo bersama rombongan dan didampingi Bupati Mamberamo Raya mendarat di Kampung Sikari.

    Sejumlah warga tampak berkumpul dan semakin banyak ketika lonceng gereja dibunyikan. Di kampung ini, jaringan seluler sudah tersambung ke jaringan USO yang disediakan BAKTI bekerja sama dengan Telkomsel. 

    Kepala Kampung Sikari Obed Sibetai menyatakan Menteri Rudiantara adalah menteri pertama yang datang ke kampung berjarak satu jam perjalanan udara dari Bandara Sentani, Papua. "Ini baru kali pertama Pak Menteri datang ke kampung kami," katanya. 

    Usai berbincang tentang pemanfaatan jaringan telekomunikasi seluler, sang kepala kampung minta sejumlah warga untuk mengangkat Menteri Rudiantara sebagai bentuk penghargaan telah mengunjungi kampung yang ada di kawasan Sungai Memberamo itu.*

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Rayakan Natal 2023, Menkominfo Gelar Open House

    Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju hadir untuk bersilaturahmi dalam acara tersebut. Selengkapnya

    [Berita Foto] Bersama Jurnalis, Menteri Johnny Tinjau NOC Telkom Labuan Bajo

    Kunjungan itu guna memastikan akses telekomunikasi dan jaringan internet berkualitas selama KTT ke-42 ASEAN. Selengkapnya

    Kominfo Gelar Pekan Literasi Digital di Labuan Bajo

    Menjadi literat digital berarti dapat memproses berbagai informasi, dapat memahami pesan dan berkomunikasi efektif dengan orang lain dalam b Selengkapnya

    [Berita Foto] Menteri Johnny Terima Kunjungan Dubes AS

    Menkominfo Johnny G. Plate menerima kunjungan kerja Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Sung Yong Kim. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA