FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 07-2018

    2494

    Promosikan Asian Games 2018, Kominfo Gelar Pesta Rakyat dan Kompetisi Konten Kreatif

    SIARAN PERS NO. 140/HM/KOMINFO/07/2018
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 140/HM/KOMINFO/07/2018

    Tanggal 23 Juli 2018

    Tentang

    Promosikan Asian Games 2018, Kominfo Gelar Pesta Rakyat dan Kompetisi Konten Kreatif

     

    Jakarta, Kominfo - Pelaksanaan Asian Games 2018 makin dekat, kurang dari 28 hari lagi, gelaran olah raga terbesar di Asia itu akan berlangsung di Jakarta, Palembang dan sekitarnya. Berbagai kegiatan untuk menyemarakkan digelar oleh semua kalangan, dari  masyarakat, instansi pemerintah maupun swasta. 

    Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar berbagai event untuk meningkatkan dukungan masyarakat dalam pelaksanaan Asian Games 2018, mulai dari kompetisi konten kreatif dan pesta rakyat. Sejumlah kegiatan itu dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik. 

    Pesta Rakyat dikemas sebagai kegiatan terbuka bagi masyarakat untuk unjuk kreatifitas dalam bentuk tarian dan kreasi konten digital dalam bentuk foto atau video. Kompetisi tarian modern digelar di panggung Pesta Rakyat yang juga dimeriahkan dengan pameran produk UMKM lokal dan potensi wisata setempat. 

    Gelaran Pesta Rakyat bertema Semangat Sang Juara itu telah berlangsung di Jambi, Pekan Baru (Riau), Solo (Jawa Tengah), Makassar (Sulsel), Padang (Sumbar) dan Banyuwangi (Jatim). 

    Dalam minggu ini sampai pertengahan Agustus akan berlangsung di Denpasar (Bali), Sorong (Papua Barat), Medan (Sumut),  Ambon (Maluku), Lombok (NTB), Yogyakarta (DIY), Banjarmasin (Kalsel), Bandung (Jabar), dan Bandar Lampung (Lampung). Di Banyuwangi dan Denpasar, Pesta Rakyat dilaksanakan bersamaan dengan Torch Relay atau estafet api obor Asian Games 2018 keliling Indonesia. 

    Dalam Pesta Rakyat yang digelar dalam ajang Car Free Day (CFD), masyarakat sekitar lokasi, selain mengikuti Kompetisi Tarian Modern, juga bisa mengikuti kuis atau trivia dengan merchandise yang menarik serta mendaftarkan diri menjadi Duta Suporter Indonesia atau memberikan dukungan untuk atlet Indonesia yang akan berlaga di Asian Games 2018. 

     

    Duta Suporter Indonesia

    Duta Suporter Indonesia (DSI) yang digagas oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara merupakan aplikasi untuk menggalang dukungan dan partisipasi para pengguna internet di Tanah Air.  Aplikasi itu diluncurkan untuk mengajak masyarakat, khususnya pengguna internet, ikut mendukung pelaksanaan Asian Games 2018. Hal tersebut disebabkan tingginya angka pengguna internet di Indonesia yang menjadi nilai tambah istimewa, terutama generasi muda (milenial).

    Sejak diluncurkan Kementerian Kominfo pada 10 Juli lalu, tercatat hingga update data terakhir Minggu (22/7/2018), sebanyak 82.777 menjadi pendukung aplikasi DSI. Sedangkan jumlah Duta telah mencapai 3126.

    Jumlah user yang terdata aktif di aplikasi DSI per tanggal 22 Juli berjumlah 30.808 dan melalui mobilesite yakni 55.095. Kemudian untuk pemenang kuis harian yang ada di aplikasi DSI yaitu sebanyak 150. Sementara untuk keseluruhan jumlah vote yang dilakukan pengguna internet untuk memilih para DSI telah mencapai 105.366.

    Berdasarkan data yang dihimpun terakhir per tanggal 22 Juli, sebanyak 3327 menjadi partisipan aktif aplikasi DSI dari 34 provinsi di Indonesia yang terbagi menjadi dua kategori yaitu duta dan suporter.

    Berbagai aktivitas untuk meramaikan penggunaan aplikasi DSI sejak pertama kali diluncurkanpun telah dilakukan Kementerian Kominfo melalui kanal-kanal yang ada di media sosial.  Salah satunya konten tentang aplikasi DSI di forum Kaskus dengan judul thread Nonton Pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta, Gratis!

    Aplikasi DSI juga sempat menjadi trending topic pertama di Twitter, bahkan ketika masih dalam tahap soft launching tanggal 7 Juli dengan tagar #DutaSuporterIndonesia dan #DutaSuporter. 

    Kementerian Kominfo juga mencatat, partisipan aktif DSI melalui kanal Facebook telah menjangkau 11.107.800 dan impresions 27.649.133. Sedangkan di Instagram, total jangkauan mencapai 9.000.504 dan impresions 17.988.052. Lalu untuk Twitter, jumlah impresions pada akun @dutasuporter yakni 31.800, 659 profile visit, 48 mention dan 2123 telah menjadi followers.

    Melalui aplikasi DSI, nantinya, setiap provinsi akan terpilih dua DSI yang bakal ikut menghadiri pembukaan Asian Games 2018 tanggal 18 Agustus di Jakarta serta menonton beberapa cabang pertandingan olahraga selama empat hari. Tak hanya itu, para voters yang beruntung pun juga berkesempatan untuk bergabung dalam Pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta dan mendapatkan sejumlah hadiah yang menarik.

     

    Kompetisi Menulis

    Kompetisi menulis mengenai Asian Games 2018 ini mulai dibuka pendaftarannya sejak 7 Juni lalu dan telah berakhir pada 17 Juli. Karya tulis yang dikirimkan dibagi menjadi dua tema yaitu Dukung Bersama Asian Games dari Daerahku dan Aku Bangga Indonesia sebagai Tuan Rumah Asian Games.

    Peserta dapat mengirimkan karya tulisnya pada batas waktu tersebut dengan sebelumnya mengisi formulir pendaftaran melalui kanal web bitread.id/asiangames. Selanjutnya, panitia kompetisi menulis menyeleksi seluruh karya yang dikirimkan oleh peserta hingga akhirnya terpilih 34 orang finalis. Finalis Hasil seleksi karya tulis terbaik tentang Asian Games 2018 akan diumumkan oleh Kemenkomifo pada tanggal 25 Juli mendatang.

    Pengumuman karya tulis yang lolos seleksi nantinya akan diumumkan Kemenkominfo melalui akun media sosial dan surat elektronik kepada para finalis. Setelah pengumuman finalis yang lolos seleksi, selanjutnya mereka semua akan melalui proses karantina hingga penentuan pemenang yang berlangsung pada tanggal 15-17 Agustus.

    Selain itu juga, pada ajang kompetisi menulis tentang Asian Games 2018 ini akan digelar pula peluncuran buku Writingthon pada 17 Agustus.  Berbagai fasilitas diberikan Kemenkominfo kepada peserta yang terpilih karya tulisnya seperti hadiah, piagam juga akomodasi dan transportasi. *

     

    Noor Iza

    Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo

    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id

    Telp/Fax : 021-350402

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 238/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Jadi Tuan Rumah, Menteri Budi Arie: Komitmen Indonesia Perkuat Kolaborasi Kelola Isu Air

    Terpilihnya Indonesia merupakan suatu bentuk kepercayaan dari masyarakat internasional atas kepemimpinan dan juga komitmen Indonesia dalam i Selengkapnya

    Siaran Pers No. 237/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wujudkan Visi Indonesia Digital 2045, Pemerintah Dorong Riset Ekonomi Digital

    Wamenkominfo menekankan arti penting peningkatan perlindungan merek terhadap produk yang dihasilkan dan perlindungan paten terhadap inovasi Selengkapnya

    Siaran Pers No. 236/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Menkominfo Tantang Media Adopsi Perkembangan Teknologi

    Menkominfo menyatakan perkembangan dunia digital telah mendorong media berinovasi dan menghadirkan cara-cara baru dalam menyajikan berita. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 235/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wamenkominfo: Ekonomi Digital Ciptakan 3,7 Juta Pekerjaan Tambahan pada 2025

    Kehadiran ekonomi digital menciptakan berbagai peluang pekerjaan baru yang diperkirakan mencapai 3,7 juta pekerjaan tambahan pada Tahun 202 Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA