FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 07-2018

    909

    Operator Seluler Curhat Kalah Bersaing dengan Youtuber

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Para operator seluler yang tergabung dalam asosiasi penyelenggara jasa telekomunikasi seluruh Indonesia (ATSI) bercerita tentang persaingan bisnis saat ini dengan para penyedia konten di Youtube atau Youtuber. Kisah itu dibagikan pada acara halal bihalal dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Jumat malam, 20 Juli 2018.

    Mewakili ATSI, Herfini Haryono yang saat ini menjabat sebagai direktur bisnis di Indosat Ooredoo bercerita tentang dinamika bisnis di sektor telekomunikasi. Menurutnya, naik-turun dalam menjalankan bisnis telekomunikasi di Indonesia sudah biasa. Hal itu seperti yang terjadi pada tahun 2008 dan tahun ini yang mulai menyentuh ke titik keseimbangan atau ekuilibrium baru.

    Ekstramarks Tawarkan Solusi Digital Terintegrasi Untuk Sekolah dan Orang Tua Murid
    Secara industri, performa operator seluler kompak menurun karena dampak kebijakan registrasi ulang kartu SIM prabayar. Selain itu, terdapat tantangan di balik terus naiknya konsumsi data dan bergesernya gaya hidup digital karena konsumen mulai menggunakan berbagai aplikasi dan menikmati hiburan berbasis video melalui streaming.

    "Untuk orang (Youtuber) yang follower-nya 1 juta, itu katanya sehari aja dapet Rp 1 miliar. Saya mulai berhitung-hitung juga, kami belanja Rp 60 (triliun) atau Rp 70 (triliun), Rp100 triliun opex, capex dapatnya Rp 50.000, 50 GB. Kayaknya kami harus thinking out of the box," katanya saat memberi sambutan.

    Dalam kesempatan yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan operator seluler harus bisa menikmati kue naiknya gaya hidup digital beserta lingkungan barunya ketika pengembang aplikasi bermunculan.

    Operator seluler, katanya, harus mampu membaca peluang jangan hanya memanfaatkan volume data yang terpakai dari setiap akses ke aplikasi. Operator seluler harus memiliki langkah yang lebih besar seperti memililki kendali atau meminta bagian sebagai imbal kolaborasi dengan pengembang aplikasi. "Jangan hanya jualnya ke operator seluler hanya untuk volume datanya saja, minta bagian dari persentasenya," katanya.

     

    Sumber Berita : www.bisnis.tempo.co

    Berita Terkait

    Kominfo perkuat kerjasama dengan YouTube lawan hoaks

    Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus memperkuat kerjasamanya dengan YouTube menangani konten hoaks. Selengkapnya

    Kominfo Gandeng Operator Seluler Bangun Jaringan 4G di Wilayah 3T

    Demi meningkatkan pelayanan komunikasi dan pengunaan internet di kawasan desa tertinggal, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) m Selengkapnya

    Menkominfo Minta Operator Seluler Atasi Jaringan yang Terganggu Saat Banjir

    Liputan6.com, Jakarta - Layanan telekomunikasi kembali terganggu saat banjir melanda, pada Kamis (2/1/2020), karena back up power untuk BTS Selengkapnya

    Kemenkominfo Pantau Jaringan Operator Seluler Saat Natal Dan Tahun Baru

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah berkoordinasi dengan operator seluler untuk meningkatkan kapasitas jaringan di t Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA