FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 07-2018

    816

    Operator Telekomunikasi Harus Segera Terjun ke Bisnis IoT

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Operator telekomunikasi sudah seharusnya bisa memanfaatkan teknologi dan tren Internet of Things atau IoT. Jika operator telekomunikasi lambat mengadopsi teknologi tersebut, maka bakal kalah dengan industri lain yang akan memanfaatkannya.

    "Karena mereka sudah punya connectivity-nya juga, pelanggan juga punya. Sebenarnya tinggal me-link ke model bisnis IoT," ujar Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ahmad Ramli, di Jakarta, Rabu 25 Juli 2018.

    Menurutnya, contoh kasus kehidupan sehari-hari yang akan terhubung dengan internet nantinya bisa menjadi momentum operator memanfaatkan IoT tersebut. Bisnisnya juga lebih mudah untuk dijalankan para operator dengan mengadopsi teknologi tersebut.

    Perubahan menuju industri 4.0 ini, menurut Ramli, juga akan mempercepat masuknya IoT. Ramli menyatakan revolusi keempat ini perubahannya sudah di bawah 10 tahun bukan lagi puluhan tahun seperti sebelumnya.

    Jika Indonesia ketinggalan menggunakan IoT dua tahun saja, Ramli berpandangan, Indonesia akan sangat ketinggalan jauh.

    "Mestinya menurut saya, enggak boleh terlalu lama. Ini kan cepat sekali bergeraknya," ujar dia.

    Ramli mengungkapkan, Kominfo saat ini sedang berusaha membuat regulasi mengenai IoT, termasuk pengaturan frekuensinya.

    Jika Undang Undang Penyiaran selesai, Ramli mengatakan, maka digital dividen juga akan bisa dimiliki.

    Bicara operator dalam komitmen pembangunan ekosistem IoT, Telkomsel memiliki program Telkomsel Innovation Center. Program ini untuk memperkuat komitmennya untuk mengembangkan IoT.

    Beberapa kegiatan yang dilakukan Telkomsel terkait program ini adalah laboratorium IoT, program mentoring dan bootcamp, akses jejaring untuk startup, developer, serta sistem integrator bagi pelaku industri.

     

    Sumber Berita: www.viva.co.id

    Berita Terkait

    Menkominfo RI Dukung Infrastruktur Telekomunikasi di Wilayah Pariwisata Desa Pagerharjo Kulon Progo

    Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Menkominfo RI), Johnny G. Plate melakukan kunjungan kerja dalam mendukung infrastruktur Selengkapnya

    Kolaborasi Telekomunikasi Meningkatkan Konektivitas dan Perekonomian

    Asosiasi Global System for Mobile Communications (GSMA), Proyek Telekomunikasi Infra (TIP/Telecom Infra Project), Universitas Telkom dan par Selengkapnya

    Dirjen IKP: Optimalkan orkestrasi komunikasi 3 media untuk edukasi

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Widodo Muktiyo mengatakan bahwa pemerintah merancan Selengkapnya

    Daftar 60 Hoaks tentang Virus Corona Temuan Kemkominfo

    Liputan6.com, Jakarta - Mewabahnya virus corona di Tiongkok hingga ke seluruh dunia membuat banyak orang Indonesia panik. Kepanikan warga di Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA