FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 07-2018

    4394

    11 Persen Wilayah Indonesia Belum Terjangkau Sinyal Seluler

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Jakarta - Pada 2020 mendatang, pemerintah melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) sebagai satuan kerja Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menargetkan Indonesia merdeka sinyal.

    Direktur Utama BAKTI, Anang Latif menyampaikan, hingga saat ini masih ada sekitar 11 persen wilayah Indonesia yang belum terhubung sinyal seluler. 11 persen wilayah tersebut terdiri dari 5.300 desa, di mana 3.500 desanya berada di wilayah Papua.

    Untuk mewujudkan target tersebut, BAKTI yang dulunya bernama Badan Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informasika (BP3TI) saat ini tengah membangun ribuan menara sinyal seluler (Based Tranciever Station/BTS) di berbagai titik kosong (blank spot) yang tidak dilirik operator karena faktor bisnis, terutama di daerah 3T (Terdepan Terluar dan Tertinggal).

    "Masih ada 11 persen wilayah di Indonesia yang belum terhubung sinyal seluler karena tidak dimasuki oleh para operator, alasannya karena faktor bisnis. Untuk menjadikan Indonesia merdeka sinyal pada 2020, BAKTI akan membangun sekitar 5.000 BTS yang pembangunannya ditargetkan selesai sampai akhir 2019," kata Anang Latif, di Jakarta, Rabu (25/7).

    Diakui Anang, menyelesaikan 11 persen wilayah Indonesia yang belum terhubung sinyal seluler bukanlah perkara yang mudah, mengingat kondisi daerah blank spot tersebut sangat sulit dijangkau.

    "Menyelesaikan yang 11 persen ini sebuah target yang ambisius. Dengan kondisi yang mungkin operator tidak mengalami, tentunya kami tidak bisa bekerja sendiri. Masyarakat juga dilibatkan dalam kaitannya dengan penyediaan lahan dan pembangunan BTS," tutur Anang.



    Sumber Berita: BeritaSatu.com

    Berita Terkait

    Indonesia ajak Perancis bangun konektivitas nasional

    Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengajak pemerintahan Perancis membahas kerja sama antara dal Selengkapnya

    Menkominfo Yakin Indonesia Tangguh Hadapi Pandemi

    Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyampaikan keyakinan bahwa Indonesia akan dapat melalui masa Selengkapnya

    Kisah Sukses Perjuangan Indonesia Perpanjang Tiga Orbit Satelit Utama

    Indonesia berhasil memperjuangkan perpanjangan masa regulasi tiga filing satelit pada slot orbit PALAPA C1-B (113 BT), GARUDA-2 (123 BT) dan Selengkapnya

    Laos Belajar Ke Indonesia Kembangkan Ekonomi Digital

    Pemerintah Republik Rakyat Demokratik Laos (Lao PDR) tertarik dengan cara Indonesia mengembangkan ekonomi digital. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA