FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 08-2018

    3026

    Kerja Bareng Kominfo, Operator, RAPI dan ORARI Dukung Penanganan Bencana Gempa Bumi di Lombok dan Bali

    SIARAN PERS NO. 162/HM/KOMINFO/08/2018
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 162/HM/KOMINFO/08/2018

    Tanggal 6 Agustus 2018

    Tentang

    Kerja Bareng Kominfo, Operator, RAPI dan ORARI Dukung Penanganan Bencana Gempa Bumi di Lombok, NTB

     

    Jakarta, Kominfo-  Sejak peristiwa gempa bumi 7.0 SR pada Minggu, 5 Agustus 2018, pukul 18.46.35 WIB terjadi di  Lombok Utara, NTB dan berdampak ke Pulau Bali, Kementerian Komunikasi dan Informatika terus melakukan pemantauan kondisi akses telekomunikasi.

    Berdasarkan laporan operator telekomunikasi, pada pukul 9:00 WIB hari Senin (06/08/2018), ada sebagian kecil (12.7%) Base Transceiver Station (BTS) yang belum bisa digunakan karena listrik padam. 

    Hasil pemantauan Balai Monitoring Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Wilayah NTB menunjukan terdapat 945 site 2G, 3G dan 4G yang terdampak gempa dari 7.418 site 2G, 3G dan 4G yang ada di Pulau Lombok, NTB. Namun demikian, saat ini operator telekomunikasi tengah memobilisiasi genset dan baterei cadangan agar BTS bisa digunakan kembali.

    Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo juga sudah menyediakan tambahan akses internet melalui jaringan VSAT Portable dengan kapasitas 1Mb untuk kebutuhan penanganan bencana. Setelah empat unit terpasang di Posko Pengungsian Madayin, Sembalun, Bayan dan Sambik Elen. Kini ditambahkan di Kantor Bupati Lombok Utara, Desa Pamenabg, Dusun Mentareng, Kantor Gubernur dan RSUD Mataram.

    Agar bisa memperluas jangakauan dan memenuhi kebutuhan layanan telekomunikasi bagi masyarakat, BAKTI Kominfo bersama operator telekomunikasi mengupayakan penyediaan Combat BTS. 

    Selain itu BAKTI juga menyediakan tiga unit perangkat dan koneksi telepon satelit dan dua unit VSAT cadangan yang akan dioperasikan oleh Balai Monitoring Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Wilayah NTB.  Semua ditargetkan on air hari ini. 

    Menteri Kominfo Rudiantara secara khusus juga telah meminta Tim Kementerian Kominfo di Pusat maupun Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Wilayah NTB di Mataram untuk terus melakukan koordinasi dengan operator telekomunkasi, ORARI dan RAPI daerah NTB untuk memastikan kelancaraan layanan telekomunikasi bagi masyarakat dan penanganan bencana. 

    Sementara itu, Ketua Umum RAPI Nasional Agus Sulistiyono mengimbau anggotanya untuk membantu penanganan bencana melalui penyelenggaraan bantuan komunikasi. Sejak Minggu malam, RAPI mengerahkan anggota untuk membantu evakuasi warga mencari lokasi aman akibat peringatan dini tsunami. 

    Wakil Ketua Umum ORARI Sugeng Suprijatna menyatakan telah mengerahkan dukungan anggota ORARI khususnya yang berada di NTT, Bali dan Jawa Timur untuk membantu ORARI NTB.  Frekuensi dukungan komunikasi penanggulangan bencana yang digunakan HF 7,110 MHz, VHF 145,500 dan 147,000 MHz dan Satelit  LAPAN-ORARI IO-86.  

    Untuk memfasilitasi kebutuhan pekerja media, Kementerian Kominfo juga menyediakan Media Center yang akan bergabung dengan Posko Penanggulangan Bencana di Gedung Sangkareang Kantor Gubernur NTB.

    Menteri Kominfo Rudiantara mendapatkan laporan jajaran karyawan Kementerian Kominfo dan karyawan operator telekomunikasi yang berada di NTB dalam kondisi selamat dan baik. Tidak ada laporan mengenai korban jiwa dari karyawan kementerian maupun operator telekomunikasi, namun sebagian masih berada di lokasi pengungsian untuk sementara waktu. 

    Saat ini, Tim Kementerian Kominfo di Lombok Utara tengah rapat dengan Menko Polhukam Wiranto, Kepala BNPB, Gubernur, Kapolda dan seluruh jajaran pemerintah daerah membahas reaksi cepat untuk pemulihan layanan telekomunikasi selanjutnya.

     

    Noor Iza
    Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Fax : 021-350402
    Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo

    update: 16:54 WIB

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 261/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Menteri Budi Arie Ajak Internalisasikan Filosofi Sunan Kalijaga

    Menurut Menteri Budi Arie, sebagai sebuah tradisi yang adiluhung, Sunan Kalijaga mengenalkan ketupat sebagai “ngaku lepat”, yang berarti Selengkapnya

    Siaran Pers No. 260/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Menkominfo: Halalbilahal Tanda Kesigapan Sivitas Kominfo

    Menkominfo mengapresiasi kesigapan seluruh sivitas Kementerian Kominfo. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 259/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Lindungi Anak, Menteri Budi Arie Imbau Orang Tua Pantau Rating Gim

    Menteri Budi Arie menyatakan Kementerian Kominfo telah mengatur klasifikasi gim melalui Peraturan Menteri Kominfo Nomor 2 Tahun 2024. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 258/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Idulfitri 1445 H, Menkominfo: Momentum Hadirkan Indonesia Penuh Harapan

    Menkominfo menyatakan Idulfitri 1445H menjadi momentum bagi umat muslim di Indonesia menyambut kemenangan penuh harapan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA