FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
06 08-2018

522

Kominfo Canangkan Gerakan Media Bermartabat untuk Pemilu Berkualitas

SIARAN PERS NO. 163/HM/KOMINFO/08/2018
Kategori Siaran Pers

Siaran Pers No. 163/HM/KOMINFO/08/2018

Tanggal 6 Agustus 2018

Tentang

Kominfo Canangkan Gerakan Media Bermartabat untuk Pemilu Berkualitas

 

Surakarta, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Kaukus Media dan Pemilu menginisiasi pencanangan gerakan ‘Media Bermartabat untuk Pemilu Berkualitas’ pada Senin (6/8/2018) di Monumen Pers  Nasional, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah.

Pencanangan dilakukan bersama pemimpin redaksi dan wartawan di Wilayah Jogja, Solo, dan Semarang, pemerintah daerah, asosiasi media, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Komisi Pemilihan Umum (KPU), akademisi, mahasiswa, pemuda, dan masyarakat umum.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengingatkan kepada semua pihak tentang pentingnya menjaga kesantunan dan kepantasan dalam bermedia. Media dalam hal ini adalah media massa maupun media sosial. 

“Media harus menjaga martabatnya untuk menciptakan suasana kondusif dalam pesta politik Pemilu 2019,” kata Rudiantara.

Dikatakan Menkominfo, media bermartabat dalam Pemilu adalah media yang menyuarakan kebenaran, netral, proporsional, dan berpihak kepada masyarakat dan bangsa. 

Dijelaskannya, media seharusnya menjadi solusi untuk mengatasi anomali demokrasi dan anomali pemilu. Anomali demokrasi adalah korupsi, ketimpangan sosial, dan kemiskinan. Sedangkan anomali pemilu seperti intoleransi, politik uang dan perpecahan masyarakat.  

“Dalam bermedia, semua pihak mesti mengedepankan etika, kepantasan dan kepentingan bersama,” kata Menkominfo. 

Ditegaskan Menkominfo, pers mesti menjalankan ruang publik media dengan landasan profesionalisme dan independensi dalam perhelatan pemilu 2019. 

Fungsi fundamental media massa bukan sebagai follower media sosial dalam menyajikan wacana konflik dan perbedaan, tetapi dengan menyajikan wacana yang rasional dan mencerahkan. Menyajikan informasi, berita dan diskusi yang membuka cakrawala pemikiran dan yang meneduhkan suasana hati setiap orang. 

 

Dalam suasana politik yang cenderung memanas belakangan ini, Bangsa Indonesia sedang membutuhkan pers yang mampu menjadi perekat keutuhan bangsa. Bukan sebaliknya, pers yang hanya mementingkan diri sendiri, atau pers yang alih-alih turut serta menyelesaikan masalah publik, justru mengambil manfaat dari masalah itu demi alasan politik atau bisnis. Harapannya, pers nasional menjadi bagian dari solusi, bukan bagian dari masalah. Kita membutuhkan pers yang menjadi penjaga keutuhan nasional dan bukan sebaliknya, menjadi bagian dari pihak-pihak yang bersengketa.

“Konteks Undang-undang Pers Nomor 40 tahun 1999, seutuhnya menjaga NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia, red) kondusif,” katanya.

Di saat yang sama, seluruh anak bangsa yang menjadikan media sosial sebagai mode komunikasi dan interaksi sosial, seyogyanya senantiasa berpijak pada etika dan kepantasan ruang publik. Di tengah-tengah persoalan hoaks, fakenews dan ujaran kebencian, perlu kiranya semua netizen senantiasa menjalankan media sosial dengan sikap transparan, bertanggung-jawab dan peduli terhadap sesama.

Sebagai informasi, gerakan ‘Media Bermartabat untuk Pemilu Berkualitas’ dilaksanakan dengan melakukan safari ke pemilik media, redaksi, dan asosiasi wartawan, serta melibatkan KPU, Bawaslu, pemerintah daerah, Kepolisian dan akademisi. Gerakan ini akan dilakukan di beberapa kota dan dimulai di Kota Surakarta. 

Acara pencanangan gerakan diisi dengan penyampaian orasi dan pesan-pesan moral dengan diiringi musik tradisional. 

Turut hadir Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua Dewan Pers Yoseph Adi Prasetyo, Wali Kota Solo Hadi Rudyatmo, Sekretaris Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Siti Meiningsih, Bagir Manan, Ninok Leksono, Bambang Harymurti, dan Agus Sudibyo. 

 

Noor Iza
Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Fax : 021-350402
Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo


Berita Terkait

Siaran Pers No. 193/HM/KOMINFO/08/2018 Tentang Kominfo Perpanjang Aduan Penyalahgunaan Data oleh Pihak Ketiga dalam Platform Facebook

Pada hari Sabtu (21/07/2018), Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara telah mengumumkan kepada masyarakat Indonesia melalui berbagai m Selengkapnya

Siaran Pers No. 192/HM/KOMINFO/08/2018 Tentang Sebanyak 525 Base Stations Sudah Berhasil Dipulihkan, Kendala Terbesar Pasokan Listrik

Sejak peristiwa gempa bumi 7.0 SR pada Minggu, 19 Agustus 2018, pukul 21.56 WIB terjadi di Timur Pulau Lombok dan runutan gempa berikutnya, Selengkapnya

Siaran Pers No. 191/HM/KOMINFO/08/2018 Tentang Kondisi Terkini Pemulihan Layanan Telekomunikasi Pasca Gempa Bumi di NTB dan sekitarnya

Sampai dengan Senin (20/08/2018) sore, sudah 302 base station yang dipulihkan dan bisa digunakan untuk melayani kebutuhan telekomunikasi seh Selengkapnya

Siaran Pers No. 190/HM/KOMINFO/08/2018 Tentang BAKTI Kominfo Bertanggung Jawab Wujudkan Keadilan Akses Telekomunikasi

Pemerataan akses jaringan internet yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat di Indonesia merupakan kewajiban harus diwujudkan. Sebab Selengkapnya