FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 08-2018

    2248

    Jaringan 5G Siap Andil dalam Asian Games 2018

    SIARAN PERS NO. 179/HM/KOMINFO/08/2018
    Kategori Siaran Pers
    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (kedua kanan), Menteri Perindutsrian Erlangga Hartarto (tengah), Duta Besar Korea Selatan untuk RI Kim Chang-Beom (kedua kiri), Dirut Telkom Indonesia Alex J. Sinaga (kanan) dan Dirut Telkomsel Ririek Adriansyah, menunjukkan simbol empat dan lima jari, saat peresmian Telkomsel 5G Experience Center, di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (15/08/2018). Telkomsel menghadirkan pengalaman teknologi revolusioner 5G di Telkomsel 5G Experience Center, sebagai dukungan bagi program pemerintah yakni Making Indonesia 4.0, dengan menghadirkan berbagai revolusi industri untuk memperkuat Indonesia dalam berbagai bidang seperti medis, transportasi dan manufaktur. - (antarafoto)

    Siaran Pers No. 179/HM/KOMINFO/08/2018

    Tanggal 15 Agustus 2018

    Tentang

    Jaringan 5G Siap Andil dalam Asian Games 2018

     

    Jakarta, Kominfo - Momentum pelaksanaan Asian Games 2018 di Indonesia menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia. Setelah 56 tahun Indonesia kembali menjadi tuan rumah Asian Games, perhelatan kompetisi olahraga terbesar di Asia. Dan dalam momen perhelatan olahraga sering menjadi wahana untuk unjuk aplikasi teknologi terkini.  

    Kali ini, dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia, teknologi 5G mulai diuji coba. Kementerian Komunikasi dan Informatika memfasilitasi Telkomsel untuk menguji layanan teknologi terbaru itu untuk pertandingan bulu tangkis dan basket yang akan digelar. Bahkan dalam perhelatan kaili ini ada uji coba mobil otonom yang didukung layanan jaringan internet 5G.

    Menurut Menkominfo Rudiantara, perkembangan teknologi digital dan potensi ekonomi yang dihasilkan membuat setiap negara berupaya mencapai yang terbaik untuk menghadirkan jaringan internet 5G.

    Rudiantara menuturkan, peluncuran internet 5G pada Asian Games 2018 merupakan tindak lanjut pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in tahun 2016.

    Ketika itu, kedua Kepala Negara tersebut membicarakan hubungan kerja sama yang dapat dilakukan dalam konteks teknologi dan menguntungkan demi kemajuan antar bangsa.

    "Di Korea Selatan saat ini juga dikeluarkan model yang sama dengan 5G. Kemudian Jepang akan melakukan launching 5G pada tahun 2020. Indonesia tidak boleh kalah, sekarang kita menghadirkan experience center 5G," ujar Rudiantara.

    Rudiantara mengungkapkan, selama uji coba, Kementerian Kominfo menerapkan BHP frekuensi gratis. "Pemerintah Indonesia mendukung semua pengembangan inovasi teknologi untuk masyarakat yang meningkatkan kualitas layanan," tandasnya.

    Menteri Kominfo juga menjamin ketersediaan secara mudah akses internet selama Asian Games 2018. Bersama Telkomsel, kementeriannya telah bersinergi menyediakan 390 access point yang  gratis untuk masyarakat di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno.

    "Saya katakan tidak boleh pakai register. Biasanya WiFi itu perlu register, masukin email dan sebagainya, karena ini untuk rakyat Indonesia harus kasih gratis semuanya," kata Rudiantara.

    Dalam sektor industri, Menteri Kominfo menyatakan saat ini pemerintah terus mendorong penerapan dan inovasi teknologi 4.0.  Kementerian Kominfo secara intensif menjalin kerja sama dengan Kementerian Perindustrian dan jajaran terkait lainnya. 

    Kerja sama itu guna mendorong penyebaran perkembangan teknologi terbaru seperti robotic, artificial intelligence laainnya di kawasan khusus. Rudiantara menginginkan, teknologi Indonesia melahirkan terobosan baru.

    "Karena Indonesia juga harus melakukan terobosan-terobosan. Bukan hanya dari sisi teknologi tapi juga dalam sisi aplikasi," ujar Rudiantara.**

     

    Noor Iza
    Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Fax : 021-350402
    Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo


    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 238/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Jadi Tuan Rumah, Menteri Budi Arie: Komitmen Indonesia Perkuat Kolaborasi Kelola Isu Air

    Terpilihnya Indonesia merupakan suatu bentuk kepercayaan dari masyarakat internasional atas kepemimpinan dan juga komitmen Indonesia dalam i Selengkapnya

    Siaran Pers No. 237/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wujudkan Visi Indonesia Digital 2045, Pemerintah Dorong Riset Ekonomi Digital

    Wamenkominfo menekankan arti penting peningkatan perlindungan merek terhadap produk yang dihasilkan dan perlindungan paten terhadap inovasi Selengkapnya

    Siaran Pers No. 236/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Menkominfo Tantang Media Adopsi Perkembangan Teknologi

    Menkominfo menyatakan perkembangan dunia digital telah mendorong media berinovasi dan menghadirkan cara-cara baru dalam menyajikan berita. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 235/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wamenkominfo: Ekonomi Digital Ciptakan 3,7 Juta Pekerjaan Tambahan pada 2025

    Kehadiran ekonomi digital menciptakan berbagai peluang pekerjaan baru yang diperkirakan mencapai 3,7 juta pekerjaan tambahan pada Tahun 202 Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA