FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 08-2018

    1985

    Kampanye #DukungBersama, Asian Games 2018 Milik Semua Masyarakat

    SIARAN PERS NO. 182/HM/KOMINFO/08/2018
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 182/HM/KOMINFO/08/2018

    Tanggal 17 Agustus 2018

    Tentang

    Kampanye #DukungBersama, Asian Games 2018 Milik Semua Masyarakat 

    Jakarta, Kominfo -  Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia merupakan agenda kegiatan yang juga mililk seluruh kalangan masyarakat, bukan hanya pemerintah dan atlet. Oleh karena itu, Kementerian Kominfo menggagas sebuah ajang yang ditujukan kepada masyarakat di Tanah Air, khususnya generasi muda, melalui pemilihan Duta Suporter Indonesia (DSI) dan Kampanye #DukungBersama agar dapat ikut memeriahkan Asian Games 2018.

    "Kita kembali menjadi tuan rumah Asian Games setelah 56 tahun yang lalu. Asian Games tahun ini milik Indonesia jadi kita memiliki kewajiban moral ikut menyukseskannya," ujar Rudiantara saat makan malam bersama 270 Duta Suporter Asian Games yang terpilih dari 34 provinsi, di Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia, di Jakarta, Kamis (16/8/2018). 

    Dalam kesempatan makan malam bersama 272 orang Duta Suporter Asian Games terpilih, Rudiantara menyampaikan agar saling mengenal akrab dan berinteraksi aktif antar sesamanya yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

    "Itulah semangat Indonesia yang dibawa dalam acara ini. Setiap orang dari berbagai suku dan budaya yang berbeda dapat bersatu padu dalam negara Indonesia," kata Rudiantara.

    Turut hadir mendampingi Rudiantara dalam makan malam berlangsung yaitu Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Rosarita Niken Widyastuti, Direktur Penataan Sumber Daya Direktorat Jenderal SDPPI Deni Setiawan serta beberapa Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika se-Indonesia.

    Seluruh Duta Suporter Asian Games terpilih sebelumnya mengikuti kompetisi melalui aplikasi DSI yang diluncurkan oleh Kementerian Kominfo dengan dukungan dari INASGOC. Waktu kompetisi antar peserta melalui aplikasi DSI berlangsung sejak 7 Juli hingga 7 Agustus lalu yang dipilih berdasarkan voting terbanyak.

    Selama masa kompetisi di aplikasi DSI, para calon Duta Suporter Asian Games diwajibkan membuat konten baik tulisan atai video serta mengikuti kompetisi. Seperti menjelaskan alasannya tertarik menyaksikan acara pembukaan Asian Games secara langsung maupun menggungah foto dan video yang berkaitan dengan Asian Games dan aksi dukung bersama atlet Indonesia. 

    Kelompok Duta Suporter Indonesia menjadi lima kategori, yaitu Duta Supporter, Duta Dance Challenge, Duta virtual Run, Duta ASN sehat dan Writingthon. Duta Suporter Asian Games yang terpilih memperoleh kesempatan berkeliling ke lokasi destinasi di Jakarta, antara lain Kota Tua, Taman Impian Jaya Ancol  dan Taman Mini Indonesia Indah, dan diakhiri menonton bersama Pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno. 

    Seleksi 68 Orang Duta Suporter Indonesia dari Aplikasi

    Dari Aplikasi Duta Suporter Indonesia terpilih 68 orang dari 34 provinsi sebagai Duta Suporter Indonesia. Dalam tajuk "Campaign Duta Suporter Indonesia", perhelatan ini bertujuan untuk mensukseskan dan memeriahkan pesta olahraga Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang. 

    Kegiatan ini diselenggarakan sejak tanggal 7 Juli 2018 dan berakhir pada 7 Agustus 2018.  Duta Suporter Indonesia terpilih berhasil mengalahkan 4.468 orang yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia. Masing-masing provinsi meloloskan satu pasang Duta Suporter Indonesia pria dan wanita.

    Mereka dipilih lewat voting berbasis aplikasi Android oleh lebih dari 240.000 voter. Facebook dan Instagram menjadi pilihan utama para peserta lomba untuk mempromosikan diri. Facebook dan Instagram pula yang menjadi pilihan paling favorit yang digunakan para voter untuk menentukan pilihan para calon duta.

    Dari data yang masuk, terlihat total reach untuk Facebook sebanyak 31.927.904 sedangkan total impression-nya sebesar 79.038.549. Sedangkan untuk Instagram data yang terpapar ; total reach sebanyak 21.072.644 sementara total impression-nya sebesar 41.386.736.

    Facebook juga terbukti paling banyak digunakan oleh para duta suporter dan voter asal provinsi Jawa Barat dengan total reach 7.968.291 mengalahkan Jawa Timur dan Jawa Tengah di posisi dua dan tiga. Sedangkan untuk instagram, ternyata paling favorit digunakan oleh para duta suporter dan paara voter asali Daerah Khusus Ibukota Jakarta denga total reach 7.256.049. Menyusul di posisi kedua adalah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Bali.

    Selain acara "Duta Suporter Indonesia" Kemkominfo juga menggelar berbagai acara untuk menyemarakkan Asian Games 2018 dalam bentuk "Media Luar Ruang" dengan jenis kegiatan seperti; Placement PSA berupa advertising di TV pemerintah dan swasta, bioskop, dan radio. Juga menyelengarakan kampanye dengan media luar ruang dalam bentuk melakukan branding pada body bus Damri bandara.

    Kemkominfo juga menggelar acara Pesta Rakyat dengan tema "Semangat Sang Juara" yang digelar di 15 kota. Selain itu ada pula Lomba Hias Gapura dengan total hadiah Rp 53.500.000. Writington berupa lomba menulis khusus untuk pelajar dan mahasiswa serta lomba membuat blogger yang terbuka untuk umum.(*)

    Noor Iza
    Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Fax : 021-350402
    Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo


    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 238/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Jadi Tuan Rumah, Menteri Budi Arie: Komitmen Indonesia Perkuat Kolaborasi Kelola Isu Air

    Terpilihnya Indonesia merupakan suatu bentuk kepercayaan dari masyarakat internasional atas kepemimpinan dan juga komitmen Indonesia dalam i Selengkapnya

    Siaran Pers No. 237/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wujudkan Visi Indonesia Digital 2045, Pemerintah Dorong Riset Ekonomi Digital

    Wamenkominfo menekankan arti penting peningkatan perlindungan merek terhadap produk yang dihasilkan dan perlindungan paten terhadap inovasi Selengkapnya

    Siaran Pers No. 236/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Menkominfo Tantang Media Adopsi Perkembangan Teknologi

    Menkominfo menyatakan perkembangan dunia digital telah mendorong media berinovasi dan menghadirkan cara-cara baru dalam menyajikan berita. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 235/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wamenkominfo: Ekonomi Digital Ciptakan 3,7 Juta Pekerjaan Tambahan pada 2025

    Kehadiran ekonomi digital menciptakan berbagai peluang pekerjaan baru yang diperkirakan mencapai 3,7 juta pekerjaan tambahan pada Tahun 202 Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA