FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 08-2018

    2186

    Tekad Kominfo Wujudkan Indonesia Merdeka Internet

    SIARAN PERS NO. 183/HM/KOMINFO/08/2018
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 183/HM/KOMINFO/08/2018

    Tanggal 17 Agustus 2018

    Tentang

    Tekad Kominfo Wujudkan Indonesia Merdeka Internet

     

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak seluruh jajaran kementerian untuk memerdekakan bangsa dengan internet. "Kita harus memiliki ikhtiar yang sama mengisi kemerdekaan dengan bahu-membahu untuk memastikan seluruh pelosok kita terakses internet, merdeka internet," katanya dalam Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia di Lapangan Anantakupa, Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat (17/08/2018).

    Proyek Palapa Ring yang menjadi jaringan tulang punggung internet cepat ditargetkan rampung pada Tahun 2019. Pembangunan Jaringan Backbone Serat Optik itu menjangkau seluruh ibukota kabupaten dan kota di Indonesia. 

    "Kami targetkan pada 2019 seluruh wilayah Indonesia, setidaknya di tingkat kabupaten/kota sudah dapat menikmati internet pita lebar (broadband), sekaligus mengatasi kesulitan telekomunikasi di semua wilayah di tanah air, terutama kawasan timur Indonesia," kata Rudiantara. 

    Selain Palapa Ring, Kementerian Kominfo juga mempercepat pembangunan infrastruktur telekomunikasi melalui penyediaan BTS di daerah perbatasan untuk menunjang konektivitas antar wilayah secara terintegrasi. Tak hanya itu, pembangunan broadband di desa tidak terlayani akses telekomunikasi juga dilakukan untuk mengatasi kesenjangan digital.

    Menkominfo Rudiantara menekankan sebagai pelayan masyarakat di lingkungan Kemkominfo serta pemangku kepentingannya, semua pegawai merupakan kepanjangan tangan negara untuk menciptakan iklim bidang komunikasi dan informatika yang sehat.

    "Kita merupakan kaki, tangan, mata, dan pikiran bagi negara ini. Para pemangku kepentingan bersama Kominfo berusaha keras mewujudkan iklim usaha dan industri teknologi informasi dan komunikasi yang sehat," katanya. 

    Oleh karena itu, seluruh pegawai Kementerian Kominfo harus bertekad bulat untuk dapat melayani dengan lebih cepat dan akurat. "Sebab kecepatan adalah kunci di era ini dan yang akan datang. Seluruhnya harus mampu memerdekaan bangsa ini menggapai cita-cita dengan menyediakan kecepatan infrastruktur informasi," tandas Rudiantara.

    Pada akhir sambutannya Menkominfo Rudiantara mengajak seluruh elemen untuk merayakan kemerdekaan tahun ini dalam filosofi olah raga  untuk mewujudkan kesehatan jiwa dan raga. 

    "Seluruh elemen harus mampu membasuh segala sentimen identitas dengan air mata kepedihan dan keringat para pahlawan yang telah gugur menderita, memperjuangkan kemerdekaan," ungkapnya.

    Secara khusus, berkaitan dengan penyelenggaraan Asian Games 2018, Menkominfo mengharapkan setiap pegawai dapat mengobarkan semangat untuk membangun bangsa dengan api semangat para atlet berprestasi yang siap mengharumkan nama bangsa.

    “Selamat Merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-73. Kerja Kita, Prestasi Bangsa. Dirgahayu Indonesia!” tutup Menkominfo Rudiantara.

     

    Noor Iza
    Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Fax : 021-350402
    Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo


    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 238/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Jadi Tuan Rumah, Menteri Budi Arie: Komitmen Indonesia Perkuat Kolaborasi Kelola Isu Air

    Terpilihnya Indonesia merupakan suatu bentuk kepercayaan dari masyarakat internasional atas kepemimpinan dan juga komitmen Indonesia dalam i Selengkapnya

    Siaran Pers No. 237/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wujudkan Visi Indonesia Digital 2045, Pemerintah Dorong Riset Ekonomi Digital

    Wamenkominfo menekankan arti penting peningkatan perlindungan merek terhadap produk yang dihasilkan dan perlindungan paten terhadap inovasi Selengkapnya

    Siaran Pers No. 236/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Menkominfo Tantang Media Adopsi Perkembangan Teknologi

    Menkominfo menyatakan perkembangan dunia digital telah mendorong media berinovasi dan menghadirkan cara-cara baru dalam menyajikan berita. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 235/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wamenkominfo: Ekonomi Digital Ciptakan 3,7 Juta Pekerjaan Tambahan pada 2025

    Kehadiran ekonomi digital menciptakan berbagai peluang pekerjaan baru yang diperkirakan mencapai 3,7 juta pekerjaan tambahan pada Tahun 202 Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA