FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 08-2018

    1840

    Presiden Harapkan Indonesia Optimis dan Jaga Persatuan

    Kategori Berita Pemerintahan | mth
    Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kiri) menyapa tamu saat Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-73 di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/8). HUT ke-73 RI ke-73 mengangkat tema Kerja Kita Prestasi Bangsa. - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo - Presiden Joko Widodo menyatakan harapannya dalam Peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia agar Bangsa Indonesia tetap optimis dan tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

    Menurut Presiden, sebaiknya kita harus optimis, semangat dalam membangun kerukunan, membangun persatuan, membangun kesatuan. “Saya kira kita harus memberikan porsi yang lebih banyak pada kerukunan, pada persatuan, pada kesatuan karena stabilitas politik, stabilitas keamanan itu merupakan modal yang paling fundamental dalam kita membangun negara ini,” tutur Presiden  saat menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia, di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/08/2018) pagi..

    Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia berlangsung khidmat sekaligus meriah oleh kehadiran peserta upacara yang menggunakan busana adat daerah.

    Sekitar pukul 08.34 WIB, Replika Sang Saka Merah Putih diarak dengan kereta kencana dari Monas menuju Istana Merdeka. Tarrisa Maharani Dewi yang mewakili Provinsi Jawa Barat terpilih sebagai pembawa Replika Bendera Merah Putih itu.

    Tarrisa tergabung dalam Tim Nusa yang secara resmi didaulat untuk bertugas pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Tarrisa kelahiran 10 Juli 2002, yang merupakan putri dari Teguh Pudjo Rumekso dan Dewi Susilowati ini bersekolah di SMAT Krida Nusantara Kota Bandung.

    Sedangkan  tiga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah Mohamad Ikbal Machmud sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Gorontalo, Babogi Ikalawang sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Bengkulu, dan Sang Putu Hendra Adi sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Bali.

    Seperti yang diketahui sebelumnya, Paskibraka 2018 yang anggotanya berasal dari perwakilan masing-masing provinsi di Indonesia telah dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/8) lalu. Sebanyak 68 pemuda telah mengucapkan Ikrar Putra Indonesia dan siap untuk menjalankan tugasnya pagi ini.

    Dengan diiringi tujuh belas kali dentuman meriam, Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dimulai, Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menggunakan pakaian adat Aceh, Linto Baro didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang menggunakan pakaian adat Minangkabau,  dan Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta Ibu Mufidah Jusuf  Kalla dengan menggunakan pakaian adat Bugis, Sulawesi Selatan berjalan bersama memasuki tempat upacara.

    Kolonel Arhanud Tri Sugiyanto, S.Sos. didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia itu.

    Sekitar  9.800 undangan  hadir dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan kali ini. Mereka terdiri dari 3.430 pejabat Negara (termasuk Lembaga Negara, TNI, Polri) serta duta besar Negara sahabat  dan 6.370 undangan yang berasal dari masyarakat.

    Dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ini, para tamu undangan yang hadir wajib mengenakan baju adat daerah yang berasal dari seluruh wilayah di Indonesia. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang juga hadir dalam upacara itu mengenakan baju adat Minangkabau.

    Berita Terkait

    Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo Sampaikan Ucapan Selamat Idulfitri 1445H

    Presiden berharap agar perjalanan masyarakat dalam mudik Lebaran kali ini diberikan kelancaran dan keselamatan. Selengkapnya

    Presiden Lepas Pengiriman Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina dan Sudan

    Bantuan yang dikirimkan tersebut, kata Presiden, bernilai kurang lebih Rp30 miliar berupa obat-obatan dan peralatan-peralatan kesehatan dan Selengkapnya

    Wapres Harapkan Media Terus Bantu Pemerintah Jaga Kondusivitas Situasi Pascapemilu

    Situasi pasca-Pemilu 2024 relatif lebih sejuk jika dibandingkan dengan Pemilu 2019 lalu yang diwarnai banyak demonstrasi khususnya saat pela Selengkapnya

    Wapres Sampaikan Tausiah Tentang Hikmah Puasa

    Wapres menyebutkan bahwa hikmah ibadah puasa berikutnya adalah untuk melatih diri menahan hawa nafsu. Sebab, nafsu merupakan salah satu musu Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA