FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 08-2018

    1883

    Pulihkan Akses Telekomunikasi Pasca Gempa Lombok, Menkominfo Apresiasi BAKTI

    Kategori Berita Kominfo | Viska
    Tim BAKTI Kominfo dan mitra bersama petugas penanganan bencana di Posko Utama Tanjung, Lombok Utara, Senin (20/08/2018)

    Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) demi memulihkan akses telekomunikasi di Lombok, pasca gempa 7.0 skala richter yang kembali mengguncang pada Minggu (19/08/2018).

    “Semalam koordinasi terus dengan teman-teman BAKTI untuk mengirimkan lagi telepon satelit. BAKTI kirim hingga 50 telepon satelit untuk mendukung teman-teman BNPB Daerah di sana untuk tanggap darurat. Ada juga 17 akses internet langsung satelit, jadi tidak bergantung ke jaringan yang ada,” jelas Menkominfo dalam peresmian kantor baru BAKTI di Menara Merdeka, Senin (20/08/2018).

    Pasca gempa 7.0 SR yang kembali mengguncang Lombok pada Minggu malam (19/08/2018) pukul 21.56 WIB, akses telekomunikasi sempat terputus. “Dari sekitar 6400an lebih dari 13% mati, dan setengahnya paling banyak di Lombok Timur. Karena ini masa tanggap darurat kita pun kerjanya harus darurat ngga boleh berbelit-belit,” tegasnya.

    Menurut Menkominfo, kondisi menara BTS milik BAKTI diketahui dalam keadaan baik dan tidak terputus karena memiliki sistem solar cell sendiri. “Dari kurang lebih 6ribu menara BTS, BTS milik BAKTI tidak ada yang mati karena saking remotenya lokasinya dan tidak ada listrik dari PLN, dia membangun solar cell sendiri, tidak bergantung dengan listrik,” jelas Menteri Rudiantara. (VY)

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Kunjungan Kerja di Barcelona Berakhir, Menkominfo Kembali ke Tanah Air

    Menkominfo telah menyelesaikan beberapa agenda utama, di antaranya pertemuan dengan Sekretaris Jenderal International Telecommunication Unio Selengkapnya

    Akan Diresmikan Presiden, Kominfo Targetkan PDN Tuntas Agustus 2024

    Selain di Bekasi, Kementerian Kominfo merencanakan pembangunan PDN di Batam dan Ibu Kota Nusantara. Selengkapnya

    Perkuat Netralitas ASN Selama Pemilu 2024, Kominfo Gelar Sosialisasi

    Menurut Imam Suwandi, ketidaknetralan ASN akan sangat merugikan negara, pemerintah, dan masyarakat. Selengkapnya

    Kominfo Musnahkan Perangkat Telekomunikasi Ilegal Temuan Balmon Jayapura

    Terdapat 63 unit perangkat radio komunikasi untuk jenis penggunaan layanan dinas bergerak darat khususnya sistem komunikasi radio konvension Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA