FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 08-2018

    2078

    BAKTI Kominfo Bertanggung Jawab Wujudkan Keadilan Akses Telekomunikasi

    SIARAN PERS NO. 190/HM/KOMINFO/08/2018
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 190/HM/KOMINFO/08/2018

    Tanggal 20 Agustus 2018

    Tentang

    BAKTI Kominfo Bertanggung Jawab Wujudkan Keadilan Akses Telekomunikasi

     

    Pemerataan akses jaringan internet yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat di Indonesia merupakan kewajiban harus diwujudkan. Sebab itu selaras dengan kebijakan Presiden Joko Widodo yang menginginkan terealisasinya keadilan. 

    Demikian diungkapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara saat meresmikan kantor baru Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), di Gedung Menara Merdeka, Jakarta, Senin (20/8/2018).

    Guna mencapai akses internet yang merata seperti diharapkan, Rudiantara mengatakan, maka BAKTI Kementerian Kominfo bertugas mengupayakan adanya jaringan di daerah yang tidak tersentuh operator seluler.

    "BAKTI organisasinya seperti proyek karena jelas kapan awal dan akhir dari pekerjaan yang dilakukan. Jumlah target yang dibangun juga jelas," ujar Rudiantara.

    Apresiasi juga disampaikan Rudiantara kepada seluruh jajaran BAKTI Kementerian Kominfo sebab kepedulian tanggap bencana alam gempa bumi yang melanda Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) secara beruntun beberapa pekan terakhir.

    Menurut Rudiantara, kinerja BAKTI Kementerian Kominfo amat membanggakan, terutama soal menjaga fasilitas akses jaringan internet dan stabilitasnya di lokasi bencana alam gempa bumi.

    Rudiantara menyebutkan, dari 6.400 BTS yang terganggu saat terjadinya bencana alam gempa bumi, namun tidak ada satu juga adalah milik BAKTI Kementerian Kominfo. Rudiantara mengungkapkan, faktornya sebab cermatnya BAKTI Kementerian Kominfo membuat solar cell milik sendiri.

    "Teman-teman BAKTI terus koordinasi dengan saya melalui telepon satelit karena di sana telepon dan telepon seluler terputus. Dari sekitar 6.400 BTS, lebih dari 13 persen mati dan paling banyak di Lombok Timur. Kita langsung kirim tambahan hingga 50 telepon satelit untuk mendukung temen BNPB Daerah. Kemudian kami juga tambah 17 akses internet langsung ke satelit, jadi tidak melui operator agar tetap bisa berkomunikasi dengan internet, khususnya di lokasi media centre," ujar Rudiantara 

    Tak lupa, Rudiantara juga menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh pegawai BAKTI Kementerian Kominfo sebab telah menempati kantor baru. Rudiantara berharap, dengan kantor baru sekarang membuat BAKTI Kementerian Kominfo semakin produktif kinerjanya.

    Guna informasi, sebelumnya BAKTI bernama Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI). BAKTI merupakan satuan kerja di Kementerian Kominfo yang dibentuk untuk membangun jaringan akses telekomunikasi dan infornasi di daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal).

    BAKTI Kementerian Kominfo menargetkan tahun 2020 sebanyak 5.000 titik di kawasan 3T dapat memanfaatkan akses telekomunikasi dan informatika. Target itu dikenal pula dengan nama Merdeka Sinyal 2020.


    Akses internet di Silawan 

    Dalam peresmian kantor baru BAKTI Kementerian Kominfo, Rudiantara sekaligus juga menyatakan membuka fasilitas akses jaringan internet di SMP Negeri 1 Silawan, Nusa Tenggara Timur (NTTl. Pemberian jaringan internet secara simbolis diserahkan Rudiantara kepada Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Silawan Yoseph Oki.

    "Terima kasih karena harapan saya akhirnya terjawab. Kami adalah Sekolah Garis Depan (SGD). Sebelumnya tidak memiliki fasilitas internet, sementara setiap kegiatan sekolah harus online," ujar Yoseph Oki.

    Yoseph Oki menuturkan, sebelumnya mereka harus berjalan jauh ke kabupaten jika ingin terhubung dengan akses jaringan internet. Namun kini, SMP Negeri 1 Silawan akhirnya dapat memanfaatkan akses internet demi kepentingan pengetahuan tanpa batas lagi.**


    Noor Iza
    Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Fax : 021-350402
    Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 276/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Menteri Budi Arie Ajak Kolaborasi TBI Susun Regulasi AI

    Penyusunan regulasi mengenai AI memerlukan pertimbangan aspek fundamental unhtuk meminimalkan risiko pemanfaatan teknologi yang makin banyak Selengkapnya

    Siaran Pers No. 275/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Uji Coba Konektivitas Digital IKN, Kominfo Apresiasi Dukungan TBI

    TBI akan membuat studi mengenai kedaulatan dan keamana data berkaitan dengan penggunaan teknologi satelit. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 274/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Terima Tony Blair, Menkominfo Bahas Kerja Sama Percepatan Transformasi Digital

    Menkominfo mengharapkan kolaborasi dengan Tony Blair Institute for Global Change (TBI) akan terus berlanjut dalam mengimplementasikan Sistem Selengkapnya

    Siaran Pers No. 273/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Akselerasi Ekonomi Digital, Menkominfo Jajaki Peluang Kerja Sama Joint Lab

    Menurut Menkominfo, pembentukan Joint Lab diarahkan untuk akselerasi penerapan teknologi pada sistem pembayaran layanan keuangan, khususnya Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA