FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 08-2018

    1537

    Dorong Ekonomi Digital, Menkominfo Janji Palapa Ring Selesai Awal Tahun Depan

    Kategori Berita Kominfo | Viska
    Menkominfo Paparkan Potensi Ekonomi Digital Indonesia dalam BukaTalks by Bukalapak, di Kantor Bukalapak, Kemang, Jakarta, Selasa (28/09/2018) malam. - (VY)

    Jakarta, Kominfo -- Proyek Pembangunan Jaringan Tulang Punggung Palapa Ring merupakan salah satu upaya pemerintah mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Pembangunan Palapa Ring mencakup menjadi Paket Barat, Tengah, dan Timur dijanjikan akan selesai dan beroperasi seluruhnya pada awal tahun 2019.

    “Paket Tengah yang sampai Talaud, akhir September sudah beroperasi. Untuk Paket Timur konstruksinya akan selesai Desember nanti. Kuartal pertama tahun depan saya janjikan sudah terhubung dengan jaringan tulang punggung backbone, yang disebut broadband ini. Ini yang buat kita bersatu dari internet,” jelas Menkominfo dalam BukaTalks by Bukalapak, di Kantor Bukalapak, Kemang, Jakarta, Selasa (28/09/18) malam.

    Menurut Menkominfo, ketimpangan akses telekomunikasi antara penduduk di Jakarta dengan wilayah Timur masih sangat besar. “Kita yang tinggal di Jakarta menikmati kecepatan throughputnya mencapai 7mbps. Saudara-saudara kita di Papua, rata-rata hanya 3kbps. Tapi harga paketnya, saat pertama saya masuk Kominfo, dua kali lebih mahal dari Jakarta padahal throughputnya 1/23 kali dari sini. Tidak fair, regulasinya harus diubah,” jelas Menkominfo.

    Dengan kebijakan keberpihakan pemerintah melalui Palapa Ring tersebut, lanjutnya, akan memudahkan masyarakat di daerah yang selama ini sulit terjangkau jaringan telekomunikasi untuk menjadi pelaku ekonomi digital. “Ini yang menjadi salah satu driver pertumbuhan ekonomi digital. Nanti kalau sudah selesai, orang di Papua jadi salah satu Pelapak-nya Bukalapak, sudah ngga akan ada masalah lagi. Ini yang diajukan pemerintah sebagai bagian memfasilitasi,” jelas Menteri Rudiantara.

    Dalam kesempatan yang sama Praktisi Telekomunikasi Hasnul Suhaimi menekankan pentingnya perubahan mindset bagi para pelaku telekomunikasi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital. “Indonesia sudah siap menghadapi digital. Dunia telekomunikasi pun sekarang sedang gencar bangun data. Tapi saya belajar kalau mau masuk ke digital jangan tanggung-tanggung, semua orang harus buka diri untuk ilmu baru, solusi baru. Partisipasi perusahaan dari atas sampai bawah harus total, harus aktif ubah culture dan mindset,” jelasnya. (VY)

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Tiba di Barcelona, Menkominfo Mulai Lawatan ke Spanyol

    Dalam lawatan ke Spanyol, Menteri Budi Arie akan menghadiri Mobile World Congress (MWC) 2024. Selengkapnya

    Kominfo Musnahkan Perangkat Telekomunikasi Ilegal Temuan Balmon Jayapura

    Terdapat 63 unit perangkat radio komunikasi untuk jenis penggunaan layanan dinas bergerak darat khususnya sistem komunikasi radio konvension Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Acara Puncak Peringatan Hakordia 2023

    Presiden mengungkapkan, sebagai bagian dari upaya pencegahan korupsi pemerintah telah melakukan digitalisasi di berbagai pelayanan, seperti Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA