FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 08-2018

    1144

    Operator sudah pulihkan layanan telekomunikasi di Lombok

    Kategori Sorotan Media | daon001

    JAKARTA - Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan operator sudah berhasil memulihkan layanan telekomunikasi di Lombok pasca gempa bumi dengan kekuatan 7.0 SR pada Minggu, 19 Agustus 2018, pukul 21.56 WIB.

    "Pada Selasa (28/8)pukul 08:00 WIB semua base transceiver stations (BTS) site 2G, 3G dan 4G sudah pulih total 100% dan bisa digunakan untuk kebutuhan masyarakat di seluruh Pulau Lombok dan Sumbawa Barat," ungkap Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu, dalam keterangan, kemarin.

    Berdasarkan pantauan Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Kelas II Mataram di NTB, 944 BTS di Pulau Lombok dan  Sumbawa yang terdampak gempa bumi sudah bisa dipulihkan untuk melayani kebutuhan telekomunikasi masyarakat.

    Meskipun sebelumnya di Pecinan dan Gilimeno terpantau ada KwH meter dan rak baterei BTS yang roboh akibat rentetan gempa. Sebanyak 8 tower milik penyedia jasa internet juga dilaporkan rusak, namun layanan masih bisa digunakan dengan mengalihkan link jaringan.

    Dukungan jaringan telekomunikasi melalui VSAT Portable dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika saat ini sudah 19 unit dilaporkan terpasang dan on air untuk mendukung komunikasi penanganan, rehabilitasi dan rekonstruksi bencana.

    VSAT itu terpasang di Posko Madayin, Sembalun, Bayan, Sambil Elen, BNPB Kantor Bupati Lombok Utara 1 dan 2, Desa Pemenang, Desa Obel-Obel, Sankareang Kantor Gubernur, Kantor LUrah Lingsar, Posko BNPB Lombar, Desa Genggelang Kec. Gangga, Dusun Darul Mujahidin Desa Genggelang, SDN 5 Bantek, Pengungsian Senara, Media Center Tanjung, Loloan, Kantor Kec. Sambelia, dan Media Center Provinsi.

    Sementara dua unit sedang dalam proses instalasi yakni di Posko ESDM Siaga dan Bhayangkara Pemenang. Dan tiga unit dalam proses pengiriman untuk dipasang di Posko Induk Desa Kekait, Desa Pringbaya Kec. Labuhan dan Desa Bebidas Kec. Wanasaba.

    Anggota ORARI saat ini tengah memasang repeater di Mataram 2 unit repeater, Pemenang 2 unit, Tanjung 1 unit, dan masing-masing 2 unit di Kayangan, Bayan, Sembalun, Sambelia, Seling, Praya dan Lobar.

    Adapun yang bisa digunakan (on-air) masing-masing satu unit repeater ORARI berada di Mataram, Tanjung, Bayan, Sambelia, dan Selong. Sementara itu RAPI juga mendirikan stasiun radio masing-masing satu unit di Mataram dan Pemenang.(wn)

    Berita Terkait

    Kominfo raih predikat wilayah bebas korupsi 2020

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mendapat penghargaan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi setelah memenuhi persyaratan yang d Selengkapnya

    Menkominfo sebut Qatar Ingin Realisasikan Kesepakatan di Bidang Telekomunikasi

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate baru saja bertemu dengan duta besar Qatar untuk Indonesia Fawziya Edrees Sal Selengkapnya

    Menkominfo Resmikan Pembangunan Layanan Akses Internet di Woloklibang

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate meninjau sekaligus meresmikan beberapa titik utilisasi akses internet di Kabu Selengkapnya

    Bersama Kemenkominfo, Halodoc Integrasikan Layanan Telemedicine

    Halodoc menghadirkan layanan telemedicine di aplikasi yang diinisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), yakni PeduliLin Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA