FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 09-2018

    1087

    Darmin Mau Genjot Kualitas Internet UMKM

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Peningkatan kualitas penggunaan internet untuk pengembangan bisnis UMKM, dan penguatan sektor E-Commerce akan terus ditingkatkan tahun depan.

    Hal itu dikatakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution usai menggelar pertemuan dengan Bos Alibaba. Jack Ma di hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, kemarin.

    Selain Darmin, juga hadir menkominfo Rudiantara, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Ketua kamar dagang dan industri (Kadin) Indonesia Rosan Perkasa Roeslani, dan Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso.

    Menurut Darmin, penguatan UMKM berbasis internet menjadi salah satu fokus pembahasan dalam pertemuan tersebut.

    "Pak Jack Ma itu sangat yakin bahwa bisnis ke depan itu adalah small business. Dengan internet dengan e-commerce," kata Darmin.

    Darmin mengaku menerima 1 beberapa masukan" dari Jack Ma. Salah satu" miliarder dari negeri tirai bambu itu sangat meyakini bahwa bisnis ke depan itu dengan memanfaatkan perusahaan-perusahaa kecil.

    Karena itu, pemerintah disarankan betul untuk mempersiapkan bagaimana caranya mendorong usaha-usaha kecil mulai masuk e-commerce, internet dan sebagainya.

    "Itu yang barangkali menarik sehingga menurut Pak Jack Ma itu yang cocok untuk kita di timur." imbuh Darmin.

    "Kita enggak punya perusahaan besar. Perusahaan besar cuma satu-dua, jadi yang akan berfungsi adalah perusahaan-perusahaan kecil," tambah Darmin.

    Selama ini. Jack Ma diminta pemerintah Indonesia menjadi penasihat untuk pengembangan e-commerce. Peran Jack Ma itu ada pada steering committee bentukan pemerintah RI yang bertugas menggodok peta jalan (roadmap) pengembangan ecommerce. Steering committee tersebut diketuai oleh Menko Darmin Nasution.

    Darmin pun mengaku, pemerintah saat ini sedang berupaya mendorong UMKM agar melek terhadap teknologi internet. Penggunaan internet untuk pengembangan bisnis dinilai cocok dengan karakter pelaku usaha di Indonesia yang didominasi kalangan UMKM.

    Selain mendukung kemajuan industri UMKM di Indonesia, kata Darmin, peningkatan kualitas penggunaan teknologi internet juga dinilai penting untuk mendorong para pelaku usaha menyongsong era industri 4.0. Pemerintah saat ini pun mau tidak mau harus berupaya mendorong pengembangan industri teknologi finansial (fintech) sebagai persiapan menghadapi tantangan di masa depan.

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengungkapkan hasil pertemuan dengan Jack Ma. Rudi menyebut, dalam pertemuan itu telah dibahas mengenai persoalan teknologi hingga merambat ke peningkatan bisnis dari kedua negara.

    "Follow up kamarin tentang pengembangan talent kemudian peningkatan perdagangan ke luar negeri khususnya ekspor dari Indonesia ke negara lain terutama ke China kemudian juga masalah teknologi," kata Rudiantara.

    Menurutnya, ada beberapa hal yang diperbincangkan antara lain pengembangan talenta untuk mengembangkan teknologi Internet dan E-Commerce di Indonesia. Jack Ma dan sejumlah menteri juga membicarakan soal bagaimana mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah, serta anak-anak muda untuk bisa meraih peluang dari perkembangan Internet dan pasar digital.

    Perbaikan bisnis perdagangan E-Commerce antara Indonesia dan Cina, serta negara lain juga tidak luput dibicarakan bersama bos Alibaba itu. Termasuk, bagaimana mengembangkan teknologi finansial di Tanah Air, sehingga nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya anak muda.

    Sumber berita: Rakyat Merdeka (03-09-2018)

    Berita Terkait

    Kominfo Bangun 4.200 BTS Demi Desa Teraliri Internet di 2021

    Untuk memperluas jaringan layanan internet yang mengalir sampai desa, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana membangun 4 Selengkapnya

    Anggota DPR apresiasi Kemkominfo majukan ekonomi digital di Indonesia

    Anggota Komisi I DPR RI Toriq Hidayat mengapresiasi berbagai langkah yang telah dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemko Selengkapnya

    Kemkominfo latih penggunaan aplikasi desa di PPU

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melatih penggunaan aplikasi administrasi kependudukan (adminduk) pada 30 desa di Kabupat Selengkapnya

    Bakti Kominfo Sabet Penghargaan Internasional

    Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyambet penghargaan internasio Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA