FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 09-2018

    934

    Kemenkominfo Fokuskan Pemerataan Internet

    Kategori Sorotan Media | daon001

    JAKARTA -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyambut revolusi industri digital dengan fokus meratakan akses telekomunikasi di seluruh Indonesia. Hal ini diungkapkan Menkominfo Rudiantara saat melakukan diskusi di Hotel Borobudur, Senin (3/9).

    "Kekuatan kita sebenarnya terletak pada sumber daya manusianya, maka kami terus bangun infrastruktur internet agar dapet dimanfaatkan oleh sektor pendidikan dan kesehatan di daerah 3T (Terluar, Tertinggal, Terdepan) dan perbatasan Indonesia," kata Rudiantara, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Republika.

    Ia mengatakan, Badan Aksesibilitas Teknologi dan Informasi (BAKTI) Kemenkominfo telah berupaya maksimal memanfaatkan teknologi untuk membangun infrastruktur akses internet cepat. Ditargetkan pada 2020 semua desa di Indonesia sudah terhubung dengan internet cepat.

    "BAKTI sudah buat policy atau aturan kebijakan yang isinya adalah membangun 1 BTS di setiap desa. Kita punya target tahun 2020 semua desa di Indonesia sudah terhubung dengan internet cepat," ujar Rudiantara.

    Kemenkominfo saat ini memiliki progran pembangunan inftastruktur internet Palapa Ring. Direktur BAKTI Kemenkominfo Anang Latif menyampaikan, Palapa Ring  di bagian barat Indonesia telah mencapai 100 persen.

    "Sedangkan wilayah tengah sudah 94 persen dan nantinya akan berlanjut ke bagian timur. Akan segera beroperasi pada akhir bulan September ini," kata Anang.

    Sementara itu, apresiasi terhadap pembangunan infrastruktur yang membuat daerah terpencil bisa memanfaatkan akses internet diungkapkan Bupati Keerom, Papua, Muhammad Markum. Markum menyebutkan, di wilayahnya sekitar 35 persen jaringan telekomunikasi kini telah ada.

    "Padahal daerah kami termasuk sulit akses karena amat luas dan berbukit-bukit. Mudah-mudahan dengan adanya telekomunikasi di 2019, wilayah blind spot bisa terlayani dengan baik," kata Markum.

    Sumber : www.republika.co.id (05/09/2018)

    Berita Terkait

    Percepat Pemulihan Ekonomi, Menkominfo Dorong Kemitraan Multipihak

    Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi perekonomian di banyak belahan dunia. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan untu Selengkapnya

    Kominfo Bangun 4.200 BTS Demi Desa Teraliri Internet di 2021

    Untuk memperluas jaringan layanan internet yang mengalir sampai desa, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana membangun 4 Selengkapnya

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Menkominfo: Kebijakan Transformatif untuk Ciptakan Ekosistem Digital Mumpuni

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G. Plate menyatakan, pada tahun 2021, pemerintah mengambil langkah ekstra untuk memper Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA