FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 09-2013

    5800

    Kominfo Umumkan 16 Proposal Penelitian dan Pengembangan Produk Telekomunikasi

    Kategori Berita Kominfo | admin

    Jakarta, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) c.q. Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika telah melaksanakan seleksi tahap pertama Sayembara Program Dukungan Penelitian dan Pengembangan Produk telekomunikasi.

    Dari 49 (empat puluh sembilan) proposal yang masuk, berikut adalah 16 (enam belas) proposal yang terpilih untuk melanjutkan seleksi tahap berikutnya.

    Ke-16 proposal terpilih yakni :

     

    1. Pengembangan Sistem E-Health Terintegrasi untuk Pendeteksian awal Penyakit Jantung dan Pertumbuhan Janin Terhambat Dengan Self Monitoring Device dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (UI)
    2. Pengembangan Active Integrated Antena (AIA) Multiple Input Multiple Output (MIMO) untuk Aplikasi m-BWA dari Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI)
    3. Purwarupa Perangkat Femto Base Station LTE untuk TKDN yang Tinggi dari Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB)
    4. Sistem Smartcard untuk Data Rekam Medis Elektronik Puskesmas dalam Sistem Konektivitas e-Health Nasional dari Pusat Teknologi Kesehatan dan Keolahragaan Institut Teknologi Bandung (ITB)
    5. Sistem Penolak Konten Pornografi Berbasis Kandungan Informasinya dari Program Studi Teknik Informatika Universitas Mataram.
    6. Rancangan Bangun Radio Cuaca untuk Nelayan dari Departemen Teknik Elektro dari  Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI)
    7. Prototipe Perangkat Lunak Penapis Konten Negatif (Prototype of Negative Content Filtering Software) dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Gadjah Mada (UGM)
    8. Perancangan Layer Fisik Small Cell LTE Berbasis Software Defined Radio (SDR) dari Pusat Mikroelektronika Institut Teknologi Bandung (ITB)
    9. Studi dan Implementasi Prototipe Networked IDS Berbasis Kombinasi Metode SVM-Dempster-Shafer sebagai Solusi Peningkatan Monitoring Pertahanan Cyber di IDSIRTII dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
    10. Prototipe Pengembangan Multimoda Trip Planning dari Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Universitas Gadjah Mada (UGM)
    11. Sistem Smart Grid Broadband Wireless Access untuk Peningkatan Efisiensi Energi Pusat Mikroelektronika Institut Teknologi Bandung (ITB)
    12. Rancangan Bangun Antena Microstrip Rectangular Patch untuk WiMAX 2,3 GHz dengan Metode Susunan DOLPH- TCHEBYSHEFF dari Politeknik Negeri Ujung Pandang
    13. Perancangan dan Implementasi Sistem Verifikasi Sidik Jari pada Perangkat Reader Mandiri ISO/IEC 14443 dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi
    14. Sistem Antena Reconfigurable Beamsteerable dan Friendly Environment dengan Struktur Stripmikro untuk Piranti Komputasi Bergerak LTE-Advanced dari Lab. Telekomunikasi, Radio dan Gelombang Pendek, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Hassanudin (UNHAS)
    15. Pengembangan Cephalometri Otomatis dan Implementasi Teleradiografi untuk Asesmen Cephalogram dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Gadjah Mada (UGM)
    16. Pengembangan Sistem Monitor dan RF Sensor dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). 

    Proposal penelitian yang telah lolos seleksi tehap pertama berhak mengikuti seleksi tahap terakhir. Pada tahap ini peneliti diharuskan untuk mempresentasikan proposal penelitiannya dihadapan Dewan Juri dan Perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

    Untuk itu kami mengundang Bapak/Ibu untuk menghadiri acara Seleksi Presentasi Program Dukungan Penelitian dan Pengembangan Produk Telekomunikasi, yang akan diselengarakan pada

    Hari/Tanggal: Kamis-Jumat, 19-20 September 2013

    Waktu             : 09:00 WIB s/d selesai

    Tempat           : Hotel Grand Sahid Jaya Jl. Jend. Sudirman kav 86 Jakarta

    Pada tahun anggaran 2014 Kementrian Kominfo hanya akan membiayai 8 (delapan) proposal penelitian. Peserta yang tidak menghadiri acara seleksi secara otomatis akan dinyatakan gugur. (Az)

    Sumber Ilustrasi : http://meyindaqueen.blogspot.com/2010/04/sejarah-jaringan-komputer.html

    Berita Terkait

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Hindari Sanksi, Kominfo Dorong Importir Penuhi Perizinan Perangkat Telekomunikasi

    Penerapan perizinan ditujukan untuk melindungi keamanan nasional atau kepentingan umum dan melindungi hak kekayaan intelektual, melindungi k Selengkapnya

    Kominfo Musnahkan Perangkat Telekomunikasi Ilegal Temuan Balmon Jayapura

    Terdapat 63 unit perangkat radio komunikasi untuk jenis penggunaan layanan dinas bergerak darat khususnya sistem komunikasi radio konvension Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA