FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 09-2018

    1030

    Festival 9.9 Super Shopping Day, Penjualan e-Commerce Naik 4 Kali Lipat

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Jakarta - Electronic Commerce (e-commerce) mendapat keuntungan berlipat selama Festival 9.9 Super Shopping Day berlangsung pada 27 Agustus hingga 9 September 2018.

    Festival tersebut diikuti oleh 14 e-commerce ternama, yaitu Berrybenka, Shopee, Bhinneka, e-mas, Fabelio, HappyFresh, Hijabenka, Honestbee, Jakmall, Lemonilo, ORORI, Ruparupa, ShopBack, dan VIP Plaza.

    Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia Rudiantara mengatakan, Festival 9.9 Super Shopping Day berhasil menorehkan sejarah baru dalam industri e-commerce Indonesia karena penjualan yang naik hingga empat kali lipat.

    "Festival ini telah membantu mendorong peningkatan jumlah pembeli online bagi pelaku e-commerce dan penjual secara signifikan dalam waktu yang singkat," ujar Rudiantara dalam keterangan tertulis, Rabu (19/9/2018).

    Kategori Gadget, Komputer dan Aksesoris, Fashion Wanita, dan Fashion Pria menjadi terpopuler selama festival ini. Sebanyak 72,59 persen dari seluruh produk yang disediakan pada Festival 9.9 Super Shopping Day adalah produk lokal. Rudiantara berharap hasil tersebut dapat menginspirasi lebih banyak pelaku UMKM untuk go-online.

    Peningkatan penetrasi perangkat mobile tetap menjadi faktor utama dalam mendorong pertumbuhan e-commerce, di mana 92,79 persen orang Indonesia menggunakan perangkat mobile untuk berbelanja online.

    Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia semakin terbuka terhadap aktivitas belanja online melalui platform e-commerce.

    Tingginya jumlah perdagangan online diharapkan dapat menjadi faktor pendorong utama untuk memajukan industri revolusi 4.0 dan mencapai target ekonomi digital Indonesia sebesar 130 miliar dollar AS pada 2020.

    CEO Katadata Metta Dharmasaputra mengatakan, selama beberapa tahun terakhir, industri e-commerce tumbuh dengan signifikan di Indonesia. Hal ini yang mendasari Katadata Insight Center (KIC) melakukan survei “Indonesia e-commerce Mapping 2018” untuk menganalisis gambaran industri e-commerce di Indonesia secara keseluruhan. Termasuk saat berlangsungnya festival belanja online besar-besaran tersebut.

    "Salah satu fakta menarik yang kami temukan dalam industri e-commerce adalah kecintaan masyarakat Indonesia terhadap produk lokal yang semakin meningkat. Hal ini dapat terlihat dari tingginya angka permintaan masyarakat terhadap produk lokal yaitu sekitar 69,94 persen," kata Metta.

    Sebagai inisiator Festival 9.9 Super Shopping Day, Head of Government Relations Shopee Indonesia Radityo Triatmojo melihat antusiasme luar biasa terhadap Festival tersebut, baik dari para pengguna maupun mitra. Shopee sendiri mendapat lebi dari 5,8 juta pesanan dalam 24 jam di seluruh negara pada 9 September 2018.

    "Hasil dari festival ini menunjukkan bahwa ekonomi Indonesia masih berjalan dengan baik, terutama konsumsi belanja online," kata Radityo.

    Sumber Berita: www.kompas.com (19-9-2018)


    Berita Terkait

    Indonesia Tambah Spektrum Layanan Komunikasi

    Jakarta - Indonesia telah siap menjadi negara digital di Asia Tenggara. Asosiasi operator seluler, GSMA, mengalokasikan pita frekuensi 700 M Selengkapnya

    Belanja Online Naik 4 Kali Lipat dalam Festival 9.9 Super Shopping Day

    Festival 9.9 Super Shopping Day berhasil menorehkan sejarah baru dalam industri ecommerce Indonesia sebagai salah satu festival belanja onli Selengkapnya

    Digital banking dan eCommerce di Indonesia

    Dengan populasi lebih dari 260 juta, segmen kelas menengah yang sedang tumbuh dan segmen populasi digital yang cerdas, Indonesia adalah sala Selengkapnya

    JK Miris Produk Cina Rajai e-Commerce di Indonesia

    Wakil Presiden Jusuf Kalla membahas e-commerce saat rapat soal pertumbuhan ekonomi di kantornya. Pemerintah berupaya menciptakan level playi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA