FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 09-2018

    1002

    KPU Gandeng Kominfo Berantas Kampanye SARA

    Kategori Sorotan Media | daon001

    JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan, bekerja sama dengan aparat keamanan dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk memberantas kampanye yang menyinggung suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

    "Untuk kampanye SARA di lapangan, KPU berkoordinasi dengan pihak keamanan. Kalau berupa SARA yang disebar melalui medsos, KPU bekerja sama dengan Kominfo supaya bisa di-'take down'," kata Ketua KPU RI Arief Budiman di Jakarta, Minggu (23/9/2018).

    Deklarasi Kampanye Damai

    Ia mengatakan, bahwa tren kampanye dan strategi pemenangan itu bervariasi, termasuk saling menghujat, menghina, dan menyebarkan hoaks. KPU RI, menurut dia, akan terus berupaya mendorong supaya kampanye seperti itu tidak terjadi.

    "Kalau substansi kampanye tidak boleh SARA, menghina, menghujat, bertentangan dengan Pancasila," tegasnya.

    KPU RI telah menggelar acara deklarasi kampanye damai yang melibatkan seluruh unsur peserta Pemilu 2019, baik pasangan calon presiden/wakil presiden, partai politik, hingga calon legislatif.

    Dalam deklarasi itu, seluruh peserta Pemilu bertekad: 1. Mewujudkan Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

    2. Melaksanakan Kampanye Pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoaks, politisasi SARA, dan politik uang.

    3. Melaksanakan kampanye berdasarkan peraturan perundangan-undangan yang berlaku

    Sumber Berita: www.okezone.com (23-09-2018)

    Berita Terkait

    Peran BAKTI Kominfo Mulai Dirasakan Publik

    Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI Kominfo memikul tanggung jawab memperluas akses internet dan memperkuat infrastru Selengkapnya

    Menkominfo: Informasi Vaksin Covid akan Disampaikan Akurat

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, informasi terkait kedatangan vaksin akan disampaikan kepada masyarakat secara Selengkapnya

    IBM dan Kemenkominfo Persiapkan Talenta Digital

    IBM, perusahaan teknologi global, bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk meningkatkan keterampilan Selengkapnya

    SDPPI Kemenkominfo Emban Dua Peran Strategis di Tengah Pandemi

    Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Ditjen SDPPI-Kemenkominfo) mengemb Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA