FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 09-2018

    2457

    Menkominfo: Startup Indonesia Menunjukkan Tajinya di Dunia

    Kategori Sorotan Media | daon001

    BOGOR - Menteri Komunikasi dan Informatika (Mekomimfo) Rudiantara mengatakan, perkembangan startup (perusahaan rintisan) Indonesia semakin pesat dan mulai menunjukkan tajinya di dunia, bahkan sejajar dengan Jerman dalam jumlah Unicorn.

    "Bukan hanya dalam Unicorn, dalam startup pun Indonesia menunjukkan tajinya," kata Menteri Rudi saat mengisi Kuliah Umum Nasionalisme Era Digital di Kampus IPB Dramaga, Bogor, Jawa Barat, Senin (24/9).

    Ia mengatakan, berdasarkan data dari startup rangking hingga Maret 2018, Indonesia menempati urutan keempat dunia dalam hal jumlah startup. Amerika berada pada urutan pertama sekitar 28 ribu, India, 4.700, Inggris 3.000 dan Indonesia sekitar 1.720 startup.

    Sementara itu, untuk unicorn, berdasarkan data internasional per 2017, dari 359 startup bergeral unicorn di dunia, Tiongkok atau Cina berada di urutan pertama dengan jumlah 149 unicorn mengungguli Amerika Serikat yang hanya punya 146 unicorn, lalu Ingris, India dan Israel menyusul di belakangnya.

    "Indonesia sejajar dengan Jerman, kita memiliki empat unicorn. Di ASEAN ada tujuh unicorn, empat di antaranya di Indonesia, tiga lainnya di negara tetangga kita," katanya.

    Tapi, lanjutnya, dua unicorn negara tetanggap, pasar utamanya adalah dari Indonesia sehingga sangat memungkinkan pada 2019 Indonesia menambah satu lagi unicorn.

    Menurut Rudi, memasuki ekonomi berbasis digital, Indonesia cukup beruntung telah memiliki beberapa perusahaan rintasan besar yang disebut unicorn. Capaian anak-anak muda Indonesia mampu menoreh legacy atau warisan dalam level internasional yang bukan hanya manis dikenang, tetapi menginspirasi anak bangsa lainnya.

    "Yang disebut unicorn yang kinerjanya membanggakan, menyumbang perekonomian bangsa secara signifikan," katanya.

    Rudi mengatakan, startup yang dimaksud bukan asal startup yang dibangun hanya karena iseng oleh anak-anak muda. Tetapi harus serius mengembangkan sampai menjadi unicorn. Karena saat ini, negara-negara di dunia berlomba-loma menarik investasi langsung asing untuk para startup'.

    "Indonesia termasuk paling beruntung menjadi incaran para investor 'startup' kelas dunia. Hasilnya sudah bisa dilihat, Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah unicorn berkembang pesat," katanya.

    Rudi berharap, anak-anak muda Indonesia yang pada 2030 akan menjadi bonus demografi mulai berfikir bagamana menjadi 'startup' tidak lagi berfikir menjadi CEO. Karena CEO jenjang karir profesional yang biasanya berangkat dari pegawai.

    "Saya tidak ingin bangsa kita nanti, anak-anak muda kita nanti menjadi pegawai. Tapi bagaimana membuat pekerja. Jadi kita mendorong yang namanya 'startup," kata Menteri Rudi.

    Sumber berita : www.antaranews.com (24/09/18)

    Berita Terkait

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Indonesia ajak Perancis bangun konektivitas nasional

    Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengajak pemerintahan Perancis membahas kerja sama antara dal Selengkapnya

    Menkominfo: Kebijakan Transformatif untuk Ciptakan Ekosistem Digital Mumpuni

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G. Plate menyatakan, pada tahun 2021, pemerintah mengambil langkah ekstra untuk memper Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA