FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 09-2018

    790

    Kominfo Tantang Penyandang Disabilitas Bikin Apps

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara membuka peluang komunitas penyandang disabilitas untuk membuat aplikasi dalam lomba membuat program atau Hackhaton.

    Dia menuturkan teknologi tak membedakan setiap individu, termasuk warga yang memiliki kebutuhan khusus. Rudiantara menegaskan teknologi justru bisa menjadi peluang untuk peningkatan ekonomi.

    Oleh karena itu, lanjutnya, pemerintah saat ini membahas kemungkinan pembuatan aplikasi yang melibatkan komunitas disabilitas.

    "Saya berbicara kepada teman-teman apakah sudah pernah membuat tidak kegiatan yang kalau di dunia Internet disebutnya hackhaton? Hackhaton itu adalah lomba membuat program. Mengapa kita tidak membuat lomba atau melaksanakan program?" kata Rudiantara dalam keterangannya, Senin (24/9).

    Dia menuturkan pihaknya secara konkret akan membuka peluang bagi penyandang disabilitas dan kebutuhan khusus dalam program Hackhaton. Rudiantara menuturkan komunitas itu harus menunjukkan bahwa mereka memiliki kelebihan dan kemampuan yang tak dimiliki orang lain.

    Wajib Bahasa Isyarat

    Di sisi lain, kementerian itu juga mewajibkan televisi siaran untuk menyediakan tayangan bahasa isyarat Indonesia dalam program berita. Bahkan Kominfo juga menggelar Jambore TIK untuk Disabilitas serta membuka peluang rekrutmen ASN dari penyandang disabilitas.

    "Kominfo mengeluarkan kebijakan bahwa bahasa isyarat televisi harus ada di setiap televisi yang izinnya diberikan oleh Kominfo. Memang, tidak bisa secara langsung sekaligus namun dilakukan secara bertahap," tegasnya.

    Pemerintah Indonesia, menurut Rudiantara tidak membedakan masyarakat Indonesia yang berkebutuhan khusus maupun yang tidak. Beberapa kebijakan Kominfo juga ditujukan kepada warga yang berkebutuhan secara khusus. 

    Sumber berita : www.cnnindonesia.com (24/09/18)

    Berita Terkait

    Kominfo Bangun 4.200 BTS Demi Desa Teraliri Internet di 2021

    Untuk memperluas jaringan layanan internet yang mengalir sampai desa, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana membangun 4 Selengkapnya

    Kominfo raih predikat wilayah bebas korupsi 2020

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mendapat penghargaan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi setelah memenuhi persyaratan yang d Selengkapnya

    Kominfo Uji Coba Penyampaian Informasi Kebencanaan Lewat SMS Blast

    Direktorat Pengembangan Pitalebar, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama mi Selengkapnya

    Kemkominfo Tambah Fitur Aplikasi Simonas

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menambahkan beberapa fitur terbaru di aplikasi Sistem Informasi Monitoring Alumni Sertif Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA