FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 09-2018

    3098

    Kominfo Dukung ACCI dan APTIKNAS Gelar Digitech 2018

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Jakarta, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendukung upaya Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI) dan Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS) menggelar ajang Digital Technology Indonesia bertema Digital Transformation and Industry 4.0. 

    Sekretaris Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Sadjan mengatakan  agenda Digital Technology Indonesia bertujuan untuk memberikan literasi teknologi Informasi dan komunikasi kepada masyarakat agar ikut memperkuat ekonomi masyarakat di era industri 4.0. 

    "Dunia bisnis saat ini memang dituntut go digital karena era industri 4.0 sangat berkaitan dengan transformasi digitalisasi dan memang cloud computing menjadi pondasi utama," ujar Sadjan, di Ruang Serbaguna, Kantor Kemenkominfo, Jakarta, Selasa (25/9/2018).

    Menurut Sadjan, kementeriannya terus mempersiapkan ketersediaan infrastruktur dan aspek regulasinya. Kinerja itu dilakukan karena aktivitas masyarakat diprediksi nantinya mengarah pada digitalisasi guna meningkatkan kegiatan ekonomi dan tumbuhnya pelaku usaha.

    "Industri 4.0, mengutamakan kecepatan dalam konteks kebutuhan bisnis, elektronik, otomatisasi dan cyber physical system terintegrasi untuk industri 4.0. Kepada generasi muda, kita terus mendorong lahirnya start up baru untuk mendorong percepatan ekonomi Indonesia," ucap Sadjan.

    Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Cloud Computing Indonesia Alex Budiyanto menilai, digital transformation dan industri 4.0 juga perlu dipersiapkan oleh pelaku industri. 

    "Layanan seperti cloud computing, big data, fintech, artificial inteligen, smartcity, blockchain, internet of things, cyber security, harapan pelaku industri siap untuk menghadapi era digital 4.0. Harapannya pelaku industri siap untuk menghadapi era digital 4.0," ujar Alex.

    Alex mengatakan, cloud computing menguntungkan para pelaku UMKM dan membantu start up untuk mendapatkan inovasi yang terjangkau di bidang perdagangan. 

    Berkaitan dengan acara yang akan digelar di Jakarta Convention Centre, 28 November mendatang, Alex mengungkapkan, kerja sama ACCI dengan APTIKNAS pada acara Digital Technology Indonesia untuk mempersiapkan transformasi digital dan industri 4.0.

    Ketua Umum APTIKNAS,  Soegiharto Santoso menyampaikan, lembaganya memiliki tiga fokus dalam memantau trend digitalisasi saat ini yaitu cyber security, e-commerce dan digital agency.

    "Kami amat fokus, misalnya salah satu prosesnya untuk UKM di Blok B Tanah Abang. Upaya ini butuh beberapa peran, salah satunya peran media untuk menyebarkan agar masyarakat paham," tutur Soegiharto.

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    Kominfo Ajak Masyarakat Dukung Pertandingan Piala Dunia U-17

    Gelaran itu menjadi salah satu peluang untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam kancah global. Selengkapnya

    Kominfo Dorong Mahasiswa Manfaatkan Teknologi AI

    Pemerintah berupaya mempercepat manfaat dan meminimalisasi risiko AI di beberapa bidang prioritas, misalnya bidang kesehatan, dan reformasi Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Pameran dan Gelar Wicara ISES 2023

    Indonesia Startup Ecosystem Summit. Program tersebut merupakan acara tahunan bagi para penggerak dan fasilitator ekosistem startup Indonesia Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA