FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 09-2018

    1324

    Kominfo: Jangan Sebarkan Lagi Video Pengeroyokan Suporter Persija

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika meminta warganet untuk tidak menyebarkan video pengeroyokan suporter Persija Haringga Sarili di media sosial manapun.

    "Kominfo mengimbau warganet Indonesia tidak ikut-ikutan menyebar konten berupa video tersebut agar tidak menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat," kata Pelaksana tugas Kepala Biro Humas Kemkominfo Ferdinandus Setu dalam keterangan pers, Senin malam, 24 September 2018.

    Jika sudah terlanjur menerima kiriman video tersebut, Ferdinandus meminta agar jangan lagi diteruskan kepada orang lain. Menurut dia, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo pun telah meminta penyelenggara media sosial, termasuk YouTube, Facebook, Instagram dan Twitter untuk menurunkan video yang termasuk dalam konten sensitif tersebut. 

    "Kominfo meminta platform media sosial untuk segera bertindak cepat men-take down video tersebut dari platform mereka agar tidak makin menyebar di kalangan warganet Indonesia," kata Ferdinandus.

    Video pengeroyokan Haringga menjadi viral di media sosial. Dalam video yang beredar tersebut, tampak sosok yang diyakini Haringga dipukuli oleh massa di luar Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada Ahad, 23 September 2018.

    Haringga dianiaya oleh sejumlah pendukung klub Persib Bandung sebelum laga Liga 1 Persib versus Persija digelar. Polisi telah menetapkan 8 orang tersangka yang merupakan suporter Persib.

    Ferdinandus mengatakan platform media sosial umumnya membutuhkan waktu beberapa jam untuk mengeksekusi permintaan Kominfo untuk menurunkan konten. Proses akan menjadi cepat jika konten yang bermasalah tersebut juga melanggar ketentuan penggunaan masing-masing platform media sosial.

     

     

    Sumber :  www.tempo.co (25/09/2018)

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Kominfo Bangun 4.200 BTS Demi Desa Teraliri Internet di 2021

    Untuk memperluas jaringan layanan internet yang mengalir sampai desa, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana membangun 4 Selengkapnya

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Menkominfo: Kebijakan Transformatif untuk Ciptakan Ekosistem Digital Mumpuni

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G. Plate menyatakan, pada tahun 2021, pemerintah mengambil langkah ekstra untuk memper Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA