FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 09-2018

    1012

    Saran Rudiantara Soal Hoaks untuk Emak-emak

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara menyarankan warga, terutama emak-emak jangan sembarangan membagikan informasi yang mengandung fitnah alias hoaks.

    Dia mengatakan selain membagikan fitnah, dia menuturkan secara berkelakar, aksi itu juga bakal menghabiskan pulsa emak-emak. Rudiantara menyebut menjelang Pilpres 2019, kebiasaan itu sudah harus dihilangkan.

    "Saya kasih tahu kepada emak-emak jangan buang-buang pulsa untuk membagikan berita hoaks ini," ujar Rudiantara di kantor Kominfo, Rabu (26/9).

    Selain fitnah, kata dia, membagikan hoaks tidak akan memberikan pahala bagi penyebarnya.

    "Terus buat apa juga kita forward. Kalau itu isinya benar sekalipun tapi isinya orang tidak suka dia tidak mendapatkan pahala. Apalagi kalau isinya fitnah, nah ini fitnah rame-rame," kata Rudiantara.

    Rudiantara kemudian menyebutkan ciri-ciri berita hoaks. Salah satunya adalah ajakan untuk membuat berita tersebut viral hingga mengatasnamakan golongan tertentu.

    "Ciri-ciri hoaks itu kalau mengatasnamakan golongan tertentu harus hati-hati bisa jadi hoaks, apalagi di bawahnya ada viralkan, itu mah sudah hoaks," tutur Rudiantara.

    Rudiantara mengatakan pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan menjelang Pilpres 2019. Salah satunya adalah literasi hingga sosialisasi digital terkait politik. "Satu literasi, kami literasi yang berkaitan dengan proses politik.

    Saya dorong begitu jangan sebarkan berita hoaks. Itu sosialisasi literasi, apalagi kita memasuki pesta politik. Pesta harusnya senang-senang," kata Rudiantara.

    Sumber berita : www.cnnindonesia.com (27/09/18)

    Berita Terkait

    Hari Nusantara jadi momentum akselerasi transformasi digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G. Plate mengatakan bahwa Hari Nusantara yang jatuh pada Minggu (13/12) dapat menj Selengkapnya

    Ini Titik Sebaran 1.000 Mesin Pintar Kominfo untuk Edukasi PSBB dan Covid-19

    Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan 1.000 mesin pintar Akses untuk Bangsa untuk memaksimalkan penerapan Pembatasan Sosial Ber Selengkapnya

    Septriana Tangkary: Gunakan Media Sosial untuk Berkarya Menghasilkan Sesuatu

    POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO - Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Ditjen IKP Kementerian Kominfo Septriana Tangkary, Selengkapnya

    Daftar 60 Hoaks tentang Virus Corona Temuan Kemkominfo

    Liputan6.com, Jakarta - Mewabahnya virus corona di Tiongkok hingga ke seluruh dunia membuat banyak orang Indonesia panik. Kepanikan warga di Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA