FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 09-2018

    4143

    Rudiantara Sebut Data Center Tak Perlu di Indonesia

    Kategori Sorotan Media | daon001
    - (Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Sebut Data Center Tak Perlu di Indonesia, )

    Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan penempatan pusat data tak perlu di Indonesia karena dinilai tak efisien.

    Hal itu disampaikan Rudiantara terkait dengan finalisasi revisi Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik. Salah satunya, Pasal 17 yang menyebutkan soal penempatan data harus di Indonesia.

    Penempatan pusat data itu, kata dia, langkah tersebut tidak efisien karena sudah ada teknologi komputasi awan (cloud computing), yakni teknologi yang menjadikan Internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi.

    "Namun nanti akan dibagi. Yang berkaitan dengan keamanan dan data pribadi, memang harus menggunakan data center di Indonesia. Selebihnya, itu bisa diunggah ke cloud computing," kata dia di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Kamis (27/9).

    Kementerian itu menargetkan revisi itu akan diselesaikan pada akhir bulan ini. Rudiantara menuturkan beleid tersebut perlu diubah karena sudah tidak mengikuti perkembangan zaman dan kurang mengakomodasi ekonomi digital yang kian berkembang.

    "Makanya minggu ini adalah finalisasi terakhir, jadi setelah ini tidak akan ada rapat-rapat lagi mengenai ini," kata dia.

    Walaupun sudah memasuki finalisasi akhir, ia masih belum tahu kapan revisi ini bisa diterbitkan, di antaranya menunggu keputusan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

    "Memang penyusunannya lama karena ini kan berkaitan dengan lintas sektor. Ada yang datanya tidak mau dibagi, tapi sudah jelas data-data mana saja yang sekiranya bisa dimasukkan ke cloud," ujarnya.

    Sumber berita : www.cnnindonesia.com (

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Menteri Kominfo Ungkap Progres Pengembangan 5G di Indonesia

    Kominfo menyatakan, 5G sudah diuji coba untuk beberapa program di Indonesia. Menteri Johnny Plate pun mengungkapkan progres pengembangan tek Selengkapnya

    Empat Prioritas Utama untuk 5G di Indonesia

    Jaringan 5G di Indonesia memang belum terimplementasi. Namun pemerintah sudah mulai berancang-ancang menyiapkan kehadirannya, salah satunya Selengkapnya

    Perempuan Diminta Lebih Banyak Terjun ke Dunia Teknologi

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendorong perempuan terjun ke dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) lewat berbagai Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA