FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 10-2018

    958

    100 Telepon Satelit dari Lombok Ditarik untuk Bantu Komunikasi di Palu

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Usai gempa 7,4 magnitudo dan tsunami, kelumpuhan komunikasi melanda Palu dan kawasan lain di Sulawesi Tengah yang ikut terdampak. Telepon satelit sebagai sarana komunikasi awal pun menjadi kebutuhan primer.

    Agar komunikasi untuk proses evakuasi berlangsung lancar menjelang pulihnya jaringan, Menkominfo Rudiantara langsung mengirimkan telepon satelit yang sempat dipakai untuk penanganan gempa Lombok.

    “Untuk inti kita deploy telepon satelit 30, pukul 05.00 pagi dengan pesawat Hercules. Untuk Lombok yang sudah recover penuh, 100 telepon satelitnya ditarik, dibawa ke Palu,” ucap Rudiantara, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, sebelum berangkat ke Palu, Sabtu (29/9).

    Sementara mengenai listrik belum banyak yang bisa dilakukan. Meski tidak banyak, namun ada beberapa genset UPS yang menyala selama lebih kurang 4 jam. 

    “Di sana itu tidak banyak yang dilengkapi genset, tapi ada UPS yang bertahan 4 jam, jadi tadi sejak tadi malam mati dan lebih dari 500 tapi kalau sudah kembali listrik Insyaallah sudah bisa cepat,” ucapnya.

    Data sementara dari laporan tim Relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT di Palu, jumlah korban tsunami hingga saat ini berjumlah 118 jiwa. Jumlah tersebut belum termasuk jumlah korban yang tertimpa reruntuhan bangunan pasca gempa.

    Sementara menurut BNPB, jumlah korban tewas yang sudah terhitung ada 48 jiwa yang sebagian besar meninggal karena gempa.

    Sumber berita : www.kumparan.com (29/09/2018)

    Berita Terkait

    Hari Nusantara jadi momentum akselerasi transformasi digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G. Plate mengatakan bahwa Hari Nusantara yang jatuh pada Minggu (13/12) dapat menj Selengkapnya

    Satelit Satria Ditargetkan Meluncur 2023

    Menkominfo Johnny G. Plate menjelaskan peluncuran satelit Satria ini untuk mendukung pembangunan transformasi digital di Indonesia yang dimi Selengkapnya

    Tips dari Kominfo untuk Melindungi Data Pribadi di Internet

    KOMPAS.com - Ada satu hikmah di balik pandemi Covid-19, yakni menciptakan masyarakat yang lebih "melek teknologi ". Sebab, sebagian besar da Selengkapnya

    Kominfo Siapkan 5 Program Prioritas 2021 untuk Percepat Digitalisasi Nasional

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mengumumkan persiapan lima program prioritas guna mendukung percepatan transformasi digital di Indone Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA