FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
08 10-2018

568

Indonesia Mendukung Investasi Digital dan Startup dalam “The NextIcorn International Convention-Digital Paradise Weekend”

SIARAN PERS NO. 262/HM/KOMINFO/10/2018
Kategori Siaran Pers

Siaran Pers No. 262/HM/KOMINFO/10/2018
Senin, 8 Oktober 2018
tentang
Indonesia Mendukung Investasi Digital dan Startup dalam “The NextICorn International Convention - Digital Paradise Weekend”

Pemerintah Republik Indonesia bersama dengan Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (AMVESINDO) dan Global Consulting Ernst & Young kembali akan menyelenggarakan Next Indonesian Unicorns (NextICorn) International Convention dengan tema “Voyage to Indonesia on Digital Paradise Weekend” pada tanggal 13 – 14 Oktober 2018 di Bali, sebagai bagian dari program pencapaian Indonesia as Digital Energy of Asia yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

Program ini menjadi ajang mempertemukan startup Indonesia yang sudah melalui proses kurasi ketat dan berpotensi besar bagi pemodal dengan investor-investor global, di antaranya Jepang; Republik Rakyat Tiongkok; Singapura; Korea; dan Amerika Serikat; untuk menciptakan unicorn-unicorn baru dari Indonesia.

“Inisiatif NextICorn ini untuk melahirkan unicorn-unicorn Indonesia selanjutnya. Kita bukan serahkan harta karun, kita mau create unicorn seperti Tokopedia, Bukalapak. Investor bisa dari luar, tapi startup-nya akan tetap menjadi unicorn di Indonesia. Market Indonesia luar biasa, begitu melihat potensi startup kita, investor akan bilang Indonesia adalah the right place," jelas Lis Sutjiati, Deputy to the Chairman for NextICorn Strategy Formulation Coordination.

Investor yang akan hadir dalam The NextICorn International Convention - Digital Paradise Weekend ini adalah Top-Tier pemodal ventura dari seluruh dunia. “Investornya sendiri sangat dipilih, investor yang punya reputasi yang track record-nya melahirkan unicorn-unicorn dunia. Untuk ketemu mereka aja susah, sekarang sudah confirm ada 101 VCs dunia yang akan hadir yang memang punya track record baik," lanjut Lis. 

International Summit NextICorn (Next Indonesian Unicorns) pertama yang diadakan pada bulan Mei 2018 lalu sukses mempromosikan startup Indonesia terkemuka, dan menghasilkan 1.035 pertemuan yang difasilitasi serta 2.020 koneksi yang terjadi antara 70 startup Indonesia dengan 89 investor asing dan lokal. Keempat pendiri unicorns Indonesia: Nadim Makarim dari Go-Jek, Achmad Zaky dari BukaLapak, William Tanuwijaya dari Tokopedia, dan Ferry Unardi dari Traveloka juga hadir membagikan kisah sukses mereka.

NextICorn akan kembali mengumpulkan lebih banyak startup yang dikurasi oleh NextICorn Coordinating Board (Badan Koordinasi dan Penyelenggara NextICorn) untuk berdiskusi dan mengajukan ide demi mendapatkan investasi yang disediakan oleh lebih dari 100 perwakilan modal ventura. Startup NextICorn adalah perusahaan berbasis teknologi yang telah memperoleh pendanaan sebesar US$100.000 atau pendanaan mandiri dengan tingkat pertumbuhan tertentu. Startup juga harus terdaftar dan berbadan hukum baik PT maupun PMA, dan memiliki sekurangnya satu pendiri berkebangsaan Indonesia dengan kepemilikan saham minimal 25%.

Startup ini akan memiliki kesempatan langka untuk bertemu dengan investor secara langsung pada pertemuan 1-on-1 yang terfokus untuk memberikan waktu bagi kedua belah pihak dalam menemukan kekuatan dan kelemahannya sebelum mendapatkan pendanaan. Untuk acara kali ini, NextICorn Coordinating Board optimis bahwa lebih dari 2.000 pertemuan akan terselenggara dalam waktu dua hari.

“NextICorn adalah sebuah inisiatif untuk menyediakan platform dalam mempromosikan perusahaan berbasis teknologi di Indonesia serta membantu mereka. Harus disadari bahwa 90 persen startup gagal setelah mendapatkan pendanaan awal, di mana mereka kesulitan dalam mendapatkan pendanaan seri A, B atau C,” kata Daniel Tumiwa, NextICorn Brand Ambassador.

Sebelum acara ini akan berlangsung, tim dari Kementerian Komunikasi dan Informatika telah bertemu dengan lebih dari 150 investor global melalui sebuah roadshow di empat negara: Korea Selatan, Jepang, Tiongkok dan Singapura. Perusahaan modal ventura yang akan menghadiri acara ini antara lain adalah Accel Partners, SoftBank Ventures Korea, Temasek, Yahoo! Japan Capital, LINE Ventures, East Ventures, Eight Roads, Quona, Reinventure, dan Jubilee Capital Management, yang merupakan investor terkemuka di Asia Tenggara yang memfokuskan diri pada pendanaan seri A, B dan C.

Perwakilan dari NextICorn dan panel investor internasional akan membagikan pengetahuan mengenai kesempatan-kesempatan investasi di Indonesia, di mana investor domestik akan pula membagikan pandangan mereka mengenai berinvestasi di dalam startup Indonesia.

Dengan tujuan menciptakan sebuah ‘surga digital’ di Indonesia, pada The NextICorn International Convention ini juga akan dibahas mengenai prespektif investor global untuk berinvestasi di Asia Tenggara, terutama Indonesia. Dengan kata lain, iklim investasi, regulasi, kompetisi, serta keputusan-keputusan terkait kekosongan dalam pendanaan seri B bagi startup lokal akan dibahas dalam acara yang berlangsung selama dua hari ini.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara juga akan memberikan paparan mengenai kerangka kerja strategis dan peraturan perundangan yang sedang diolah oleh pemerintah Indonesia untuk memicu pertumbuhan yang lebih tinggi di sektor ekonomi digital, serta paparan kerangka kerja investasi luar negeri di dalam ekonomi digital.

About NextICorn

The NextICorn (Next Indonesian Unicorns) platform streamlines and promotes Indonesia's most investable startups to all sources of investment, both local and foreign. Its vision is to create the next Indonesian unicorns under the joint key initiative by the ICT Ministry, AMVESINDO and world class professional service firms to promote the growth of Indonesia’s digital sector – which has attracted over USD 4 billion in investment into early-stage companies in 2017, a figure that has grown 60-fold over the past 5 years.

Ferdinandus Setu
Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Fax : 021-3504024
Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo
website: www.kominfo.go.id

Berita Terkait

Siaran Pers No. 61/HM/KOMINFO/03/2019 tentang Uji Coba Teknologi Licensed Assisted Access (LAA)

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan uji coba teknologi LAA dengan melibatkan PT Hutchison 3 Indonesia (H3I) pada hari Selengkapnya

Siaran Pers No. 60/HM/KOMINFO/03/2019 tentang Penyelenggara Pos yang Mendapat Sanksi Teguran Tertulis Kedua dan Sanksi Teguran melalui Website Kedua

Kementerian Kominfo melakukan publikasi Sanksi Teguran Tertulis kedua melalui website terhadap penyelenggara pos yang hingga saat ini belum Selengkapnya

Siaran Pers No. 58/HM/KOMINFO/03/2019 tentang Imbauan Agar Tak Sebar Konten Video Kekerasan Selandia Baru

Kementerian Komunikasi dan Informatika mengimbau agar warganet dan masyarakat tidak menyebarluaskan atau memviralkan konten baik dalam bentu Selengkapnya

Siaran Pers No. 57/HM/KOMINFO/03/2019 tentang Dorong Transformasi Digital, Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Pemerintah berupaya untuk mendorong pemanfaatan teknologi digital guna meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat Indonesia. Transformasi di Selengkapnya