FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 10-2018

    1737

    Kemenkominfo Luncurkan Satelit Multifungsi

    Kategori Sorotan Media | daon001

    NUSA DUA - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara meluncurkan Proyek Satelit Multifungsi dalam Forum Media Creative and Innovative Financing: Showcasing Indonesia Model, di Hotel Melia, Nusa Dua, Bali, Senin (08/10). Menurut Rudiantara, rancangan satelit menggunakan teknologi yang paling baru dibanding operator lainnya.

    "Telkom, Indosat, PSN, operator belum pakai teknologi ini. Jadi sekali-sekali Pemerintah juga bisa menunjukkan lebih cepat lebih maju dari operator dan badan usaha. Sekali lagi strukturnya ini jadi KPBU (Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha)," kata Rudiantara, dikutip dari laman resmi Kemenkominfo, Senin (8/10).

    KPBU merupakan sebuah skema penyediaan dan pembiayaan infrastruktur yang berdasarkan pada kerja sama antara pemerintah dan badan usaha (swasta). "Keunggulan skema KPBU yaitu transparan, akuntabel dan mempertimbangkan risiko. Dengan KPBU kita bisa akses the best talent available dan bisa memperkaya produkproduk keuangan kita," kata Rudiantara menambahkan.

    Menteri Rudiantara menjelaskan latar belakang Proyek Satelit Multifungsi untuk menghubungkan sekolah, Puskesmas dan kantor desa atau kelurahan di seluruh Indonesia dengan jaringan internet. Satelit multifungsi dinilai sebagai pilihan paling tepat untuk menghubungkan wilayah-wilayah yang ada di Indonesia.

    "Saat ini di Indonesia Indonesia mempunyai 226 ribu sekolah. Tapi 9 ribunya belum mempunyai konektivitas internet, ada 4 ribu lebih Puskesmas kebanyakan belum terhubung dengan internet, kantor kelurahan, kantor desa hampir 50 ribu, ini kita harus menghubungkan mereka," kata dia.

    Keberadaan satelit captive untuk pemerintahan Indonesia itu bisa digunakan untuk menopang pendidikan dan kesehatan. Khususnya untuk pendidikan dan sesuai regulasi di Undang-Undang untuk pendidikan APBN 20 persen dan untuk kesehatan 5 persen.

    Sumber berita : republika.co.id (09/10/2018)

    Berita Terkait

    Percepat Pemulihan Ekonomi, Menkominfo Dorong Kemitraan Multipihak

    Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi perekonomian di banyak belahan dunia. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan untu Selengkapnya

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Menkominfo: Kebijakan Transformatif untuk Ciptakan Ekosistem Digital Mumpuni

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G. Plate menyatakan, pada tahun 2021, pemerintah mengambil langkah ekstra untuk memper Selengkapnya

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA