FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 10-2018

    1243

    Tidak Ada Dampak Signifikan Gempa Situbondo di Nusa Dua

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Nusa Dua, Kominfo -  Panitia Nasional Annual Meetings International Monetery Fund-World Bank Group (AM IMF–WBG) 2018 di Nusa Dua, Bali, memastikan tidak ada dampak yang signifikan akibat gempa bumi berkekuatan 6,0 SR yang terjadi di Situbondo, Jawa Timur.

    “Secara umum kami sudah kontrol semua venue berjalan lancar tidak ada perubahan jadwal. Terkait gempa, aktivitas normal, kami sudah cek setiap venue satu persatu. Kesimpulannya, menjelang AM IMF-WBG 2018 Plenary besok pagi, semua siap,” papar Ketua Harian Panitia  Nasional AM IMF-WBG 2018 Susiwijono Moegiarso dalam Media Briefing di Joint Editors Icom Center, Kamis (11/10/2018).

    Berdasarkan keterangan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa ini terjadi pukul 01.44 WIB, berpusat di 61 km sebelah timur laut Situbondo, Jawa Timur. Titik koordinat pusat gempa yakni 7,42 Lintang Selatan dan 114,47 Bujur Timur. Jarak pusat gempa dengan Bali 161 kilometer.

    “Kami bersiaga selama 24 jam siaga, langsung ambil keputusan bersama. Kita cek semua lokasi, baik infrastruktur IT, event services, oficial hotel, dan lain-lain. Semua normal,”yakinnya.

    Lanjut Susiwijono, tujuh elemen langsung berkoordinasi untuk memantau segala hal. Ketujuh emelen itu adalah Panitia Nasional AM IMF-WB 2018, Meetings Team Secretary (MTS) WB, BMKG, BNPB, Kodam, Polda, ITDC.

    Dijelaskan juga, semua keperluan sudah disiapkan bila seandainya dibutuhkan evakuasi. Mulai dari sejumlah KRI, termasuk kapal rumah sakit, helikoter, maupun berbagai peralatan berat lainnya. “Kita tidak bisa secara presisi memprediksi, tapi kita langsung antisipasi bila dibutuhkan,” jelasnya.

    Dijelaskan pula, hingga data terakhir Kamis, sudah tercatat 36.058 orang yang hadir di AM IMF-WBG 2018. Dari MTS WB mendata 14.589 dan yang tercatat di Panitia Nasional  21.469.  “Khusus untuk tamu VVIP 10 kepala negara ASEAN, tercatat lima orang sudah datang dan lima lagi dijadwalkan datang hari ini,” ujar Susiwijono.

    Berita Terkait

    Berbusana Adat Tanimbar, Presiden Sampaikan Pidato di Gedung Nusantara

    Presiden Joko Widodo tampak memakai kemeja putih yang dibalut kain tenun menyilang berwarna dominan merah marun dan hitam. Selengkapnya

    Presiden Sampaikan Sejumlah Prioritas Kerja Sama dengan Australia

    Presiden menyebut perkembangan kerja sama antara Indonesia dan Australia telah berkembang baik. Selengkapnya

    Wapres Sampaikan Empat Langkah Strategis bagi Industri Media

    Wapres menyampaikan empat langkah strategis untuk para pelaku industri media. Selengkapnya

    Presiden Joko Widodo Sampaikan Ucapan Idulfitri 1444 Hijriah

    Presiden menyebut bahwa setelah tiga tahun merayakan Idulfitri di tengah suasana pandemi, tahun ini masyarakat bisa kembali melaksanakan mud Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA