FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 10-2018

    860

    Jaringan Telekomunikasi Sulteng Berfungsi 88,06 Persen

    Kategori Sorotan Media | daon001
    Suasana salah satu kawasan kota yang telah dialiri listrik pascagempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (10/10).

    JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengklaim, jaringan telekomunikasi H+13 bencana di Sulawesi Tengah (Sulteng) telah berfungsi mencapai 88,06 persen. Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu mengatakan, sebanyak 3.099 Base Transceiver Station (BTS) telah berhasil diaktifkan. 

    Ia mengatakan, per Kamis (11/10), sebanyak 64 unit telepon satelit telah didistribusikan oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kemkominfo ke poskoposko penanganan pengungsi di wilayah Sulteng. Petugas dan warga dapat menggunakan telepon satelit untuk koordinasi dan komunikasi percepatan pemulihan pascabencana. 

    "Warga dapat menggunakan telepon satelit untuk mengabarkan kondisi terkini mereka di posko pengungsian," kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (11/10). 

    Ferdinandus menjelaskan, dari 19 perangkat internet satelit yang disiapkan Kemeenterian Kominfo, sebanyak 17 perangkar sudah berfungsi. Perangkat itu tersebar di posko-posko di Kota Palu, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Donggala. 

    Sementara, dua perangkat sisanya akan dipasang di wilayah Danau Lindu dan Tulawi. Menurut dia, tersedianya perangkat internet satelit ini memungkinkan warga dapat melakukan mengakses internet secara gratis. 

    Ia menambahkan, tim Kominfo yang beradandi Kota Palu sejak Sabtu (29/9), melaporkan, membaiknya jaringan telekomunikasi sangat membantu warga. "Sangat membantu proses koordinasi dan komunikasi petugas di wilayah terdampak gempa bumi dan tsunami di Sulteng," kata dia. 

    Sumber berita : www.republika.co.id (11/10/2018)

     

    Berita Terkait

    Kolaborasi Telekomunikasi Meningkatkan Konektivitas dan Perekonomian

    Asosiasi Global System for Mobile Communications (GSMA), Proyek Telekomunikasi Infra (TIP/Telecom Infra Project), Universitas Telkom dan par Selengkapnya

    Dalam 10 Bulan, Penonton Streaming Bajakan Menurun 55 Persen

    Penelitian terbaru YouGov tentang perilaku menonton konten online dari konsumen Indonesia telah menemukan adanya penurunan besar-besaran. Te Selengkapnya

    Penggunaan Aplikasi Telekonferensi Naik 443 Persen Sejak Pandemi

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mencatat penggunaan aplikasi telekonferensi naik pesat hingga 443 persen sejak pandemi viru Selengkapnya

    Kemenkominfo bangun fasilitas telekomunikasi jelang KTT G-20

    Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Josef A. Nae Soi mengapresiasi terhadap Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang telah Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA