FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 08-2011

    2743

    Kuis Berbasis SMS di TV Kental Eksploitasi Seksual

    Kategori Sorotan Media | admin

    Jakarta - Tak cuma mengandung unsur perjudian, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) juga menilai tayangan kuis undian berhadiah melalui SMS (pesan singkat) di televisi kental dengan eksploitasi seksual.

    Jelas saja, hal itu dianggap telah melakukan pelanggaran. Sebab tak jarang eksploitasi seksual yang ditampilkan si pembawa acara sudah bisa dibilang seronok, dengan gaya menggoda dan berpakaian minim.

    "Ini melanggar pasal 36 UU Penyiaran dan pasal 17 a Standar Program Siaran tentang pelarangan penayangan unsur cabul," kata Komisioner KPI Idy Muzayyad, dalam keterangan, Selasa (5/6/2011).

    Sebelumnya, KPI telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Sosial, Kepolisian RI, BRTI, YLKI, dan MUI untuk menertibkan tayangan kuis SMS di tayangan TV yang dituding telah melakukan sejumlah pelanggaran.

    Bahkan berdasarkan informasi dari Kemensos, beberapa acara kuis/undian di TV tersebut ternyata tidak berizin dan beberapa acara yang berizin diduga melakukan penyimpangan terhadap perizinan yang telah diberikan.

    Lembaga penyiaran yang menyiarkan acara kuis atau undiah berhadiah seperti ini pun diimbau agar melakukan evaluasi internal dan memastikan agar program siarannya telah mengikuti peraturan yang berlaku.

    "Bila ada unsur judi dan melanggar aturan, tentu harus berhenti. Kami mengharapkan kesadaran dan itikad baik dari lembaga penyiaran. Kalau tidak, maka polisi bisa mengembangkannya ke wilayah pidana," pungkas Idy.

    sumber: http://www.detikinet.com/read/2011/07/05/161654/1675106/328/kuis-berbasis-sms-di-tv-kental-eksploitasi-seksual

    Berita Terkait

    UMKM Didorong Berbasis Digital di Era Pandemi

    Di masa pandemi, pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah perlu berpindah ke ruang digital agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas, ba Selengkapnya

    Sistem Pemerintahan Berbasis Digital Siap Beroperasi pada 2023

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menargetkan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) bisa beroperasi secara penuh pad Selengkapnya

    Kominfo berhasil pertahankan slot orbit satelit Indonesia

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berhasil mempertahankan slot orbit satelit milik Indonesia di lembaga internasional untuk r Selengkapnya

    Pemerintah Berhasil Percepat Transformasi Digital

    Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) memaparkan keberhasilan Indonesia dalam mempercepat proses transfor Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA