FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 11-2018

    2113

    Jaringan 4G Menjangkau 55,5% Desa di Indonesia

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (kominfo) menyebutkan hingga saat ini penetrasi jaringan 4G di Indonesia sudah menjangkau ke tingkat desa. Menurut data Kominfo, sudah 55,5% desa dari total desa di Indonesia yang bisa mengakses jaringan 4G. 

    Direktur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo, Firmansyah Lubis, mengatakan pihaknya belum bisa memastikan kapan seluruh wilayah Indonesia bisa mengakses jaringan 4G. Namun bila implementasinya sudah menyeluruh, era 5G sudah bisa masuk ke pasar domestik. 

    "Jaringan 5G masuk kalau semua (tercover 4G). Saat Asian Games, 5G sudah mulai diperkenalkan. Tetapi saya tidak bisa memprediksi karena itu bergantung kepada investasi dan faktor lainnya," ujar dia, Rabu (31/10).  

    Menurut Firmansyah, saat ini sudah 25 provinsi di Indonesia yang bisa mengakses layanan 4G dan pemerintah terus melakukan penetrasi untuk meningkatkan aksesibilitas tersebut. Salah satunya dengan menyiapkan infrastruktur melalui program Palapa Ring.  

    Harapannya, pada tahun depan kecepatan internet di Tanah Air akan meningkat. Namun Firmansyah belum bisa memastikan kapan teknologi 5G dimulai diimplementasikan secara resmi di dalam negeri.  

    Pasalnya, implementasi layanan ini harus sesuai dengan regulasi yang berlaku. Sejauh ini, baru Telkomsel dan XL yang sudah ujicoba layanan 5G. Selain Indonesia, negara lain yang sudah mengujicoba adalah Korea Selatan. 

    Sumber berita : Harian Kontan (1/11/2018)

     

    Berita Terkait

    Menteri Kominfo Ungkap Progres Pengembangan 5G di Indonesia

    Kominfo menyatakan, 5G sudah diuji coba untuk beberapa program di Indonesia. Menteri Johnny Plate pun mengungkapkan progres pengembangan tek Selengkapnya

    DPR Apresiasi Langkah Kemenkominfo Tingkatkan Ekonomi Digital di Indonesia

    Anggota Komisi I DPR RI, Toriq Hidayat memberikan apresiasi terhadap sejumlah langkah yang telah dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan I Selengkapnya

    Empat Prioritas Utama untuk 5G di Indonesia

    Jaringan 5G di Indonesia memang belum terimplementasi. Namun pemerintah sudah mulai berancang-ancang menyiapkan kehadirannya, salah satunya Selengkapnya

    Program Startup Studio Indonesia

    Setelah menginisiasi Gerakan Nasional 1000 Startup Digital pada 2016 dan Nexticorn pada 2017, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominf Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA