FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 11-2018

    4228

    Kenali Dua Pola Penyebaran Hoax yang Paling Populer

    Kategori Sorotan Media | daon001
    Warga melakukan aksi teatrikal saat mengkampanyekan Gerakan Anti Hoax di Solo, Jawa Tengah

    Pola penyebaran berita bohong atau hoax di media sosial masih sama. Beberapa di antaranya adalah memposting ulang foto atau video yang sudah ada sebelumnya, lalu dihubung-hubungkan dengan kejadian atau peristiwa baru. 

    “Hoax musibah bencana atau kecelakaan. Kecenderungannya foto maupun video direcycle. Salah satunya musibah Lion Air JT 610," kata Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ferdinandus Setu, di Bandung, Jawa Barat, Sabtu, 3 November 2018. 

    Ia mencontohkan beberapa informasi hoax di antaranya audio di kokpit dan foto-foto lama yang beredar sebelumnya. Akan tetapi dibuat seakan-akan itu merupakan bagian dari rangkaian kecelakaan Lion Air JT 610. 

    Meskipun kecelakaan Lion Air masih diselimuti beberapa hoax, namun jumlahnya dinilai jauh lebih sedikit. "Selama lima hari sudah delapan hoax yang berhasil diidentifikasi,” ungkap dia. 

    Ferdinandus membandingkan dengan penyebaran hoax di media sosial soal gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, beberapa waktu lalu. Ia menyebutkan, dalam satu hari, ada lebih dari 10 hoax yang tersebar di platform media sosial. 

    Selain itu, Ferdinandus menyebutkan ada kecenderung sejumlah akun yang diduga bot memposting hoax untuk banyak hal. Misalnya, postingan hoax tentang bencana atau penculikan anak, juga melancarkan serangan hoax ke pemerintah. 

    “Yang meningkat bot, terutama untuk politik. Melihat ada yang memposting bencana atau penculikan anak itu cenderung dari bot yang juga memposting hoax pemerintah saat ini,” kata dia. 

    Sumber berita : www.viva.co.id (3/11/2018)

    Berita Terkait

    SDPPI Kemenkominfo Emban Dua Peran Strategis di Tengah Pandemi

    Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Ditjen SDPPI-Kemenkominfo) mengemb Selengkapnya

    Kominfo Hingga Polri, Penyumbang PNBP Terbesar RI

    Kementerian Keuangan mengatakan 6 Kementerian dan Lembaga (K/L) masih menjadi penyumbang setoran pendapatan negara bukan pajak (PNBP) dari s Selengkapnya

    Presiden Jokowi Resmikan Pengoperasian Palapa Ring di Istana Negara

    Proyek pembangunan fiber optik kabel atau Palapa Ring telah selesai 100 persen. Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Selengkapnya

    Menkominfo Minta Medsos Aktifkan AI Penyaring Konten

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara kembali meminta platform media sosial maupun streaming video ikut penyaringan kon Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA