FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
14 11-2018

75

Menkominfo Apresiasi Laboratorium IoT Untuk Siapkan Talenta Digital

Kategori Berita Kementerian | mth
Menkominfo Rudiantara (kiri) bersama Menperin Airlangga Hartarto (kanan) dan Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini (tengah) menempelkan sidik jari saat peresmian Laboratorium IoT X-Camp di XL Axiata Tower, Jakarta, Selasa (13/11/2018). - (antarafoto)

Jakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengapresiasi kehadiran X-Camp XL Axiata. Menurutnya hal itu sejalan dengan upaya Kementerian Kominfo untuk mencetak 20.000 talenta digital pada tahun 2019 mendatang. 

"Ini sejalan dengan Program Kominfo  yang ingin mencetak 20.000 digital talent pada 2019 mendatang," jelas Rudiantara saat peresmian Laboratorium IoT X-Camp di XL Axiata Tower, Jakarta, Selasa (13/11/2018). 

Menurut Rudiantara, sebanyak 20.000 talenta digital setingkat teknisi itu akan dilatih dan diberi sertifikat. "Supaya bisa bekerja di perusahaan teknologi besar maupun industri startup di Indonesia," ungkapnya. 

Tak hanya itu, Menteri Kominfo menjelaskan bahwa  pemerintah juga akan menyiapkan pelatihan talenta digital Indonesia untuk posisi C-Level (tingkat pimpinan). "Kami bekerja sama dengan grup Alibaba lewat program 1.000 C-Level," tambahnya.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan saat ini industri di Indonesia telah menjadikan teknologi digital sebagai basis utama produksi. ”Teknologi IoT memang menjadi solusi. Bahkan, pengelola kawasan industri sudah memikirkan untuk segera mengembangkan teknologi ini sebagai pilot plant. Dan, tentunya ini akan menjadi back of bone untuk industri nasional ke depan,” ungkapnya. 

Menurut Airlangga Hartarto, untuk mengoperasikan lima teknologi digital sebagai fundamental revolusi industri 4.0 di Indonesia, yaitu IoT, artificial intelligence, wearables (augmented reality dan virtual reality), advanced robotics, dan 3D printing, dibutuhkan generasi muda yang mampu menguasai teknologi. “Jadi, hari ini kita fokus pada internet of everythings. Ini yang harus dikuasai oleh generasi muda kita,” ujarnya.

Lab Inovasi IoT 

X-Camp merupakan IoT Innovation Lab terlengkap yang dimiliki oleh operator telekomunikasi di Indonesia. X-Camp juga menjadi satu-satunya Lab IoT yang tergabung di GSMA Lab Alliance di Kawasan Asia Tenggara.  "X-Camp akan turut aktif mengembangkan potensi sumber daya lokal, termasuk dari kalangan perguruan tinggi," jelas Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini. 

Saat ini X-Camp telah menjalin kerjasama dengan sejumlah kampus terkemuka di Indonesia, antara lain Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Universitas Brawijaya Malang, Politeknik Negeri Semarang, dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

"Menyusul beberapa universitas lainnya sebagai bagian program X-Camp Lab Alliance untuk bersama-sama membangun ekosistem IoT secara berkesinambungan," jelas Dian.

Secara khusus, Dian Siswaini mengharapkan keberadaan X-Camp dapat berperan serta secara aktif dalam mengembangkan teknologi dan ekosistem IoT serta menjadi salah satu pendorong dalam mendukung pemerintah mewujudkan inisiatif Making Indonesia 4.0 sejalan dengan trend industry 4.0. 

"Dengan adanya X-Camp juga, XL Axiata dapat menjadi lebih pro-aktif terhadap ide-ide yang muncul serta dapat merealisasikannya menjadi sebuah produk maupun IoT solution," tuturnya. 

Laboratorium X-Camp akan mulai efektif beroperasi di pertengahan November 2018 ini memiliki sejumlah fasilitas. Beberapa di antaranya adalah ruang kerja yang dapat digunakan oleh para maker atau developer untuk membuat dan mengembangkan prototype produk IoT hingga versi small scale production. 

Ada pula ruangan dan alat-alat untuk pengetesan user experience. Tidak ketinggalan fasilitas untuk menampilkan produk-produk dan solusi IoT yang dihasilkan X-Camp dan juga ruangan untuk bertemunya para stakeholder.

Berita Terkait

Bahas Era 4.0, Menkominfo Ajak Kampus Bangun Sinergitas

Menjelang berakhirnya tahun 2018, Universitas Kristen Atmajaya (Unika Atmajaya) menyelenggarakan Atmajaya Award, di Jakarta, Jumat (7/12/201 Selengkapnya

Anugerah Jurnalistik Kominfo 2018, Apresiasi Karya Jurnalis Terbaik

Menurut Menteri Kominfo Rudiantara, apresiasi itu merupakan penghargan atas kerja sama yang baik jurnalis dan media dalam mengomunikasikan p Selengkapnya

Menkominfo: Indonesia Siap Jadi Negara Pelaku Ekonomi Digital Terbesar

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, hingga kini instansinya masih gencar melakukan sosialisasi serta peng Selengkapnya

Menkominfo Imbau Media Arus Utama Terus Jaga Kepercayaan Publik

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, media arus utama (mainstream) di Indonesia telah terbukti memperoleh Selengkapnya