FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 11-2018

    3549

    Kementerian Kominfo Sebut Pengguna Internet Indonesia Capai 54 Persen

    Kategori Sorotan Media | daon001

    SLEMAN - Kementerian Kominfo Republik Indonesia sebut penguna internet Indonesia mencapai 54 persen atau 143 juta dari 265 juta jiwa penduduk Indonesia. 

    Data itu terungkap pada acara Sosialisasi Pemilu Serentak 2019 dan Literasi Media, di Hotel Merapi Merbabu, Sleman, Yogyakarta Sabtu (17/11/2018). Acara diikuti oleh Kelompok pemilih perempuan, mahasiswa dan pengusaha UMKM Yogyakarta. 

    "Dari jumlah tersebut, terdapat 415 juta nomor akun ponsel yang beredar. Inilah kenapa, banyak yang memanfaatkan nomor ponsel untuk menipu, bullying dan menyebarkan  HOAX,"kata Rosarita Niken Widiastuti, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo RI. 

    Oleh sebab itu, Kementerian Kominfo membuat kebijakan registrasi akun untuk menekan pelanggaran melalui ponsel. Dari kebijakan registrasi tersebut, jumlah akun nomor ponsel berkurang menjadi 300 jutaan pengguna. 

    Tantangan belum berakhir, potensi penyebaran hoax masih bisa terjadi. Dari data yang ia miliki, dalam satu menit, terdapat 3,3 juta informasi yang diunggah di Facebook dan 29 juta informasi tersebar di Whatsapp setiap menitnya. 

    "Kalau jutaan info itu adalah konten negatif bisa memecah belah kita. Selain untuk mendapatkan uang, tujuan uang orang membuat hoax itu untuk provokasi, menyulut  kebencian dan hal itu bisa memecah belah bangsa," terangnya. 

    Sumber berita : www.tribunnews.com (17/11/2018)

    Berita Terkait

    Kominfo Bangun 4.200 BTS Demi Desa Teraliri Internet di 2021

    Untuk memperluas jaringan layanan internet yang mengalir sampai desa, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana membangun 4 Selengkapnya

    Yayasan BAKTI Kominfo Salurkan Bantuan Paket Data kepada Korban Banjir

    Yayasan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Indonesia memberikan sejum Selengkapnya

    Optimalkan Ekonomi Maritim, Kominfo Dorong Perluasan Jaringan Internet

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengembangkan jaringan internet di seluruh wilayah desa untuk mengoptimalka Selengkapnya

    Yayasan BAKTI Kominfo Salurkan Bantuan Paket Data kepada Korban Banjir

    Yayasan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Indonesia memberikan sejum Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA