FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 12-2018

    1112

    Humas Pemerintah Harus Kuasai Teknologi

    Kategori Sorotan Media | daon001
    Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Rosarita Niken Widiastuti

    Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) kembali digelar Kemenkominfo. Acara yang berlangsung dari tanggal 2-4 Desember ini diikuti oleh ribuan jaringan humas seluruh instansi pemerintah dari tingkat kementerian hingga pemerintah daerah. 

    Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Rosarita Niken Widiastuti mengatakan pertemuan SAIK kali ini cukup penting karena menjadi momentum bagi pemerintah untuk menyongsong revolusi industri 4.0. 

    "Humas pemerintah yang memiliki posisi strategis diharapkan dapat meng-upgrade keahliannya, terlebih dalam menghadapi revolusi industri 4.0 ini, humas pemerintah harus mampu menguasai teknologi dan new media," ujar Niken dalam keterangan tertulisnya di Tangerang, Selasa (4/12/2018). 

    Niken menegaskan humas pemerintah dapat berinteraksi dengan masyarakat, mendapatkan feed back langsung dari masyarakat sekaligus memetakan sasaran utama dari masyarakat yang mengakses informasi instansinya. 

    Hal ini menurutnya penting untuk menjadi bahan utama evaluasi untuk perbaikan proses, konten dan metode kehumasan dari seluruh peserta. "Kami berkeinginan humas pemerintah terus meningkatkan kompetisi untuk menjawab tantangan global agar semakin kreatif dan inovatif dalam memberikan pelayanan informasi dan komunikasi publik di era digital," pesan Niken. 

    Kegiatan SAIK 2018 kali ini bertemakan Sinergi Indonesia Menuju Era Komunikasi 4.0. Selain itu, kata Niken, acara ini berisi kegiatan inovasi dan kreatifitas kelompok pertunjukkan rakyat sebagai media hiburan dan jaringan diseminasi informasi seperti public expose and public service exhibitions. 

    Adapun peserta dari kementerian, lembaga pemerintah non kementerian, BUMN, PTN dan Pemerintah Daerah. Festival media pertunjukan rakyat tingkat nasional 2018 dengan peserta dari perwakilan 11 provinsi di Indonesia; Forum Pertemuan Bakohumas Tingkat 

    Nasional dengan peserta 90 Kementerian/LPNK, 45 BUMN/D, 60 PTN serta Dinas Komunikasi dan Informatika dan Humas Setda Pemerintah Daerah dari 34 Provinsi, 514 Kota dan Kabupaten. 

    Ada pula anugerah media humas 2018 dengan peserta sebanyak 158 instansi, terdiri dari 67 instansi pusat dan 91 instansi pemerintah daerah. Lalu Side event senam sehat bersama komunitas penyandang difabel untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada 3 Desember 2018 dengan peserta komunitas difabel dan masyarakat Kota Tangerang.

    Sumber berita: www.indopos.co.id (04/12/2018)

    Berita Terkait

    Pemerintah Akselerasi Penyediaan Internet di Fasyankes

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menegaskan, pemerintah berkomitmen melakukan akselerasi penyediaan akses int Selengkapnya

    Perempuan Diminta Lebih Banyak Terjun ke Dunia Teknologi

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendorong perempuan terjun ke dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) lewat berbagai Selengkapnya

    Strategi Pemerintah Mewartakan Pandemi Covid-19

    Pemerintah mengedepankan prinsip human communication dalam menyampaikan berita terkait pencegahan covid-19 dalam rangka adaptasi kenormalan Selengkapnya

    Penuhi Hak Anak, Kemkominfo: Orang Tua Harus Manfaatkan Teknologi Digital

    Perubahan yang terjadi sejak pandemi Covid-19 melanda negeri menjadikan tahun ini menjadi masa yang tidak mudah bagi anak-anak dalam proses Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA