FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 12-2018

    978

    UMKM Online Capai 6,4 Juta, Kemenkominfo Ungkap Peran UMKM Bagi Perekonomian Indonesia

    Kategori Sorotan Media | daon001
    Kegiatan forum sosialisasi belanja dan jualan online oleh Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Direktorat Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo RI di Universitas Mahasaraswati, Denpasar, Rabu (5/12/2018).

    Denpasar - Direktur Jenderal (Dirjen) Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Rosarita Niken Widiastuti membeberkan peranan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terhadap perekonomian Indonesia. 

    Menurutnya, perekonomian Indonesia sangat kuat karena basis ekonominya didukung oleh UMKM yang jumlahnya kurang lebih sebanyak 67 juta. "Dari sinilah kekuatan ekonomi Indonesia saat ini sangat tangguh," kata Rosarita saat berbicara di Forum Sosialisasi Belanja dan Jualan Online: Murah, Cepat, dan Aman, di Aula Universitas Mahasaraswati, Denpasar, Rabu (5/12/2018). 

    Baginya, saat ini terjadi perang dagang antara negara adikuasa Amerika dengan China, banyak negara-negara kemudian yang mengalami inflasi sangat tinggi. Bahkan, nilai mata uang Indonesia pun sempat mencapai titik Rp. 15 ribu per dolar AS. Upaya untuk mengurangi kenaikan nilai mata uang dollar terhadap rupiah ini diupayakan oleh pemerintah melalui beberapa paket kebijakan. 

    Dengan adanya kebijakan tersebut, dollar kini turun menjadi Rp 14,2 ribu yang secara langsung menempatkam mata uang Indonesia menjadi yang terkuat se-Asia Tenggara. "Bayangkan kurang lebih sebulan yang lalu dollar sempat Rp 15.400, tetapi hari ini menyentuh Rp. 14.200 sekian," terangnya. 

    Turunnya nilai dollar terhadap rupiah itu, selain dengan kebijakan ekonomi, pemerintah memberikan kemudahan bagi UMKM untuk bisa berkiprah melalui perdagangan online. Kementerian Kominfo juga mendorong adanya UMKM online yang targetnya hingga tahun 2019 itu 8 juta, dan sekarang ini sudah mencapai 6,4 juta. 

    "Hal ini juga berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia, sekarang pertumbuhan ekonomi masih diatas 5,1 persen," jelasnya.

    Sumber berita: www.tribunnews.com (05/12/2018)

    Berita Terkait

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    Ajak Warganet Meriahkan SNF 2020, Menkominfo: Sebarkan Semangat Positif dan Kreatif

    Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi kembali menggelar festival tahunan Siberkreasi Netizen Fair (SNF) 2020. Menteri Komunik Selengkapnya

    Optimalkan Ekonomi Maritim, Kominfo Dorong Perluasan Jaringan Internet

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengembangkan jaringan internet di seluruh wilayah desa untuk mengoptimalka Selengkapnya

    Optimalkan Ekonomi Maritim, Kominfo Dorong Perluasan Jaringan Internet

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengembangkan jaringan internet di seluruh wilayah desa untuk mengoptimalka Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA