FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 12-2018

    927

    Menkominfo: Ekonomi Digital Turunkan Ketimpangan

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Era teknologi dinilai tidak hanya sekadar mengubah perilaku masyarakat. Pengaruh positif era teknologi yang bisa dirasakan yakni munculnya lapangan pekerjaan baru pada bidang digital. Selain itu, era teknologi digital berdampak bagi penurunan rasio gini yang dipakai untuk mengukur ketimpangan pendapatan. 

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan ekonomi digital menurunkan rasio gini. Ketimpangan yang dimaksud ialah ketimpangan penghasilan masyarakat yang berpendapatan tinggi, dengan masyarakat yang berpendapatan rendah. 

    Untuk itu, Rudiantara menilai pada era digital, pelaku bisnis ini harus memikirkan bagaimana cara untuk meningkatkan penghasilan masyarakat. 

    "Contohnya kan sopir ojek konvensional, Sekarang berkat adanya Gojek jadi ada profesi ojek online. Sekarang pendapatan mereka meningkat. Lalu juga bagi yang tadinya tidak memiliki pekerjaan, jadi punya pendapatan rutin," katanya, Jakarta, Jumat, 7 Desember 2018. 

    Selain mengambil contoh profesi ojek online, Rudiantara mengatakan, saat ini sudah cukup banyak masyarakat yang membeli tiket pesawat melalui jasa online. Setelah sampai di bandara, pengguna baru menukarkan pesanan tiket dengan boarding pass. Tidak hanya dari sisi konsumen, era digital juga berdampak kepada bisnis. 

    "Penghasilan mereka cukup besar, Garuda saja pendapatannya hampir US$4 miliar, belum dari Lion Air dan perusahaan lainnya. Kemudian ada hotel bintang, yang satu tahun pendapatannya bisa mencapai US$6 miliar," katanya. 

    Bisnis lain yang juga meraup keuntungan ialah perusahaan telekomunikasi. Pada 2020, proyeksi nilai industri ini diperkirakan menyumbang 11-12 persen ekonomi digital dari sektor tersebut.

    "Angka tersebut jumlahnya sangat besar dari gross domestic product (GDP) suatu negara ASEAN yang kecil. Oleh karena itu kita harus percaya, mendorong ekonomi digital akan menurunkan rasio gini," ujarnya.

    Sumber berita: www.viva.co.id (08/102018)

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Percepat Pemulihan Ekonomi, Menkominfo Dorong Kemitraan Multipihak

    Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi perekonomian di banyak belahan dunia. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan untu Selengkapnya

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Menkominfo: Kebijakan Transformatif untuk Ciptakan Ekosistem Digital Mumpuni

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G. Plate menyatakan, pada tahun 2021, pemerintah mengambil langkah ekstra untuk memper Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA