FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 12-2018

    977

    Jokowi Minta Menkominfo Siapkan Sarana Penunjang Transaksi Nontunai di Pasar Tradisional

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menginginkan transaksi di pasar tradisional bisa berlangsung secara nontunai atau cashless. Ia memerintahkan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara untuk menyiapkan sarana dan prasarana yang menunjang model pembiayaan seperti ini di pasar. 

    "Pak Menkominfo nanti dibantu agar cara-cara pembayaran yang cashless sehingga bisa ditempatkan di pasar," katanya saat membuka Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia atau Asparindo di Hotel Arya Duta, Jakarta, Rabu, 12 Desember 2018. 

    Jokowi meminta agar pedagang-pedagang pasar tradisional mulai dibiasakan bertransaksi secara nontunai. "Harus mulai diintervensi dengan cara-cara seperti itu, diberi pelatihan, sehingga betul-betul pasar rakyat naik tingkat," ucapnya. 

    Ia berujar pasar-pasar tradisional harus lebih diperhatikan karena menjadi tempat berkumpulnya produk-produk hasil usaha rakyat. Selain itu, perhatian lebih harus diberikan seiring menjamurnya supermarket. 

    "Agar pasar betul-betul survive di tengah hypermarket, supermarket, pasar modern, yang di semua kota ada," tuturnya. 

    Jika diperhatikan, kata Jokowi, produk-produk yang dijual di pasar tradisional bisa bersaing dengan yang ada di supermarket. Ia mencontohkan harga satu ikat bayam dan kangkung di pasar berkisar Rp 2 ribu namun di supermarket mencapai Rp 3.500. 

    "Artinya apa? Secara daya saing pasar kita ini menang tapi memang jangan dibiarkan kumuh, becek, tidak ada tempat parkir," ucapnya. 

    Menurut Jokowi, untuk menuju pasar tradisional yang lebih modern diperlukan manajemen yang baik. Ia kembali mengulang keyakinannya jika pasar tradisional bisa bersaing dengan supermarket.

    Sumber berita: www.tempo.co (12/12/2018)

    Pewarta: Martha Warta Silaban

    Berita Terkait

    Menkominfo: Kebijakan Transformatif untuk Ciptakan Ekosistem Digital Mumpuni

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G. Plate menyatakan, pada tahun 2021, pemerintah mengambil langkah ekstra untuk memper Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    Menteri Kominfo Ungkap Progres Pengembangan 5G di Indonesia

    Kominfo menyatakan, 5G sudah diuji coba untuk beberapa program di Indonesia. Menteri Johnny Plate pun mengungkapkan progres pengembangan tek Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA