FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 12-2018

    1121

    Menkominfo: Urang Awak Perlu Ubah Cara Wirausaha Jadi Digital

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Padang, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menilai wirausaha tidak perlu lagi diajarkan kepada warga Sumatera Barat. 

    "Kalau urang awak tidak usah lagi diajarkan wirausaha karena urang minang sudah memiliki darah dagang yang terpenting dan harus dirubah adalah caranya yang tadinya manual diubah menjadi digital atau online," jelasnya dalam kuliah umum dan sosialisasi Minang Enterpreneur Award (MEA) 2018 di Convention Hall Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat, Senin (17/12/2018).

    Menurut Rudiantara, media sosial saat ini bisa digunakan untuk berdagang. Ia menyontohkan Facebook (FB), Instagram bahkan juga melalui youtube yang sudah banyak digunakan orang sebagai media untuk komersil.

    "MEA adalah ruang baru atau wadah bagi mahasiswa yang sudah difasilitasi oleh Universitas Andalas untuk menghasilkan wirausaha-wirausaha baru," tandasnya.

    Menteri Kominfo menyatakan saat ini hal yang penting dilakukan bersama adalah menyiapkan sumberdaya manusia (SDM) dalam menghadapi ekonomi digital. 

    "SDM menjadi permasalahan dalam ekonomi digital indonesia karena selalu tertinggal dengan teknologi-teknologi terbaru dalam era revolusi industri 4.0," ungkapnya.

    Menurut Rudiantara, saat ini sudah ada teknologi Internet of Things (IoT) yang banyak digunakan untuk mengantikan peran manusia. 

    “IoT sendiri bisa digunakan untuk mengukur kelembaban tanah, unsur hara, di bidang peternakan, dan perikanan. Bahkan juga bisa dipakai pada lampu traffic light yang bisa mengukur berapa banyak kendaraan lalu lalang serta juga bisa menghitung kecepatannya,” ungkapnya seraya menjelaskan beberapa kegiatan itu telah berlangsung di Jawa Timur dan Bali.

    Untuk menyongsong industri revolusi 4.0 ini, pemerintah menurut Rudiantara telah menyiapkan digital talentdengan memberikan beasiswa. Pada tahun 2019 akan disiapkan beasiswa sebanyak 20 ribu bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuraan (SMK) jurusan TI, Diploma (DIII), Strata 1 (S1) dengan syarat usia tidak boleh lebih 29 tahun.

    Kompetisi Wirausaha

    Program MEA-2018 merupakan kelanjutan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan pada tahun 2017 yang telah menerima masukan usulan lebih 200 proposal dari 13 Perguruan Tinggi Swasta dan 6 Perguruan Tinggi Negeri dari Sumatera Barat. 

    Rektor Universitas Andalas Tafdil Husni mengatakan kegiatan itu menjadi wahana untuk mendorong kompetisi bagi lulusan perguruan tinggi dalam menerapkan jiwa wirausahannya semenjak dibangku perkuliahan.

    "Juga untuk menumbuhkembangkan mahasiswa berwirausaha baru, kreatif dan inovatif, berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi hasil riset perguruan tinggi," paparnya.

    Selain itu, Rektor Unand menekankan bahwa yang besar itu tidak selalu mengalahkan yang kecil dan yang kuat itu tidak selalu mengalah yang lemah tetapi yang cepat pasti mengalahkan yang lambat, cepat disini mengandung arti yakni cepat menguasai teknologi dan informasi.

    “Pemenang juara 1 sampai dengan 3 tiap kategori Start-Up dan Existing bisnis diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Bapak Jusuf Kalla saat peresmian Gedung Rumah Sakit Universitas Andalas pada 4 November 2017 lalu,” ujarnya. 

    Saat ini dikatakannya tahun 2018 dilakukan kegiatan dengan melibatkan Perguruan Tinggi yang lebih luas yakni mengundang Perguruan Tinggi di Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Kepri (PTN dan PTS di empat Propinsi).

    Husni mensyukuri kehadiran menkominfo sebagai orang yang paling mengetahui dalam bidang teknologi, informasi dan komunikasi serta kehadiran dari Bukalapak untuk meningkatkan jiwa entrepreneur dan memotivasi jiwa pebisnis mahasiswa Universitas Andalas.

    Berita Terkait

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Kominfo Terima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023

    Kementerian Kominfo mendapatkan penghargaan sesuai Hasil Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Informasi Pusat. Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    Menkominfo Akan Kunjungi Pemancar Digital TVRI Transmisi Alasmalang

    Pemancar Digital TVRI Stasiun Alas Malang merupakan salah satu dari 13 Satuan Transmisi TVRI Jawa Timur. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA