FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 12-2018

    1665

    Kominfo Dorong BUMN Kembangkan Bisnis di Wilayah 3T

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong perusahaan BUMN mengembangkan bisnisnya di wilayah 3T (Terdepan, Tertinggal dan Terluar) serta wilayah perbatasan melalui program infrastruktur telekomunikasi. 

    Hal tersebut disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara saat menghadiri Kongres Forum Teknologi Informasi (FORTI) BUMN 2018 yang dilaksanakan di Hotel Raffles, Jakarta, Rabu (19/12/2018).  

    Menteri Rudiantara mengatakan perkembangan teknologi informasi di Indonesia semakin berkembang dengan adanya pelayanan infrastruktur jaringan telekomunikasi di seluruh Tanah Air.

    "Pemerintah saat ini telah membangun infrastruktur di bidang teknologi informasi di seluruh Tanah Air. Fasilitas jaringan telekomunikasi ini sudah dirasakan oleh masyarakat," kata Rudiantara.

    Infrastruktur jaringan telekomunikasi yang dimaksud menurut Rudiantara adalah program Palapa Ring, BTS, Akses Internet, dan Satelit Multifungsi. Rudiantara menjelaskan, beberapa program pelayanan tersebut sudah dirasakan masyarakat di wilayah 3T serta masyarakat di daerah perbatasan. 

    "Kalau dari BUMN nanti mau membangun bisnis proses di 514 kabupaten/kota sudah tidak jadi masalah. Di Indonesia Barat sudah beroperasi sejak April 2018, Indonesia Tengah tahap akhir, konstruksinya 99,9% sekarang sedang integrasi, sementara yang di Indonesia Timur konstruksinya sekarang sekitar 85%. Jadi kalau nanti BUMN buka cabang pengembangan bisnis disana, fasilitas IT nya sudah ada," papar Rudiantara.  

    Menteri Kominfo menjelaskan salah satu program pembangunan infrastruktur telekomunikasi adalah Palapa Ring yang saat ini mencapai 100%. Palapa Ring merupakan proyek jaringan sepanjang 12.148 kilometer yang menghubungkan 90 kabupaten/kota di seluruh Tanah Air dengan jaringan serat optik.

    Pada kesempatan tersebut, Rudiantara juga menyampaikan apresiasi atas inisiasi dari FORTI BUMN yang terus mengembangkan dan juga memanfaatkan teknologi informasi kepada seluruh elemen atau pegawai di lingkungan pemerintahan khususnya di Kementerian BUMN. 

    "Saya mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas dilaksanakannya Forum Teknologi Informasi BUMN 2018. Kongres FORTI ini merupakan suatu kegiatan yang patut kita apresiasi karena adanya upaya untuk mengembangkan TI di lingkungan pemerintahan," kata Rudiantara. 

    Rudiantara berharap melalui Kongres FORTI BUMN 2018 kedepan dapat dijadikan sebagai ruang pengembangan teknologi informasi, sehingga berbagai perusahaan BUMN dapat menjalankan bisnis perusahaan yang lebih baik lagi untuk masa depan Indonesia dan kesejahteraan masyarakat. 

    Kongres FORTI ini sebagai upaya pemanfaatan IT yang baik dan benar bagi para pelaku teknologi informasi di lingkungan BUMN. Dalam kongres itu juga diberikan penghargaan kepada beberapa perusahaan BUMN yang telah berkontribusi nyata untuk negeri. BUMN penerima penghargaan antara lain PT. Kereta Api Indonesia, PT. Telkom Indonesia, PT. Semen Indonesia, PT. Pertamina, PT. Jasa Raharja, Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri serta beberapa perusahaan BUMN lainnya.**

    Berita Terkait

    Hindari Sanksi, Kominfo Dorong Importir Penuhi Perizinan Perangkat Telekomunikasi

    Penerapan perizinan ditujukan untuk melindungi keamanan nasional atau kepentingan umum dan melindungi hak kekayaan intelektual, melindungi k Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Kominfo Akan Wajibkan Publisher Gim di Indonesia Berbadan Hukum

    Kementerian Kominfo dipastikan tidak membentuk badan rating ini sendiri, namun menyerahkannya ke pihak ketiga agar bisa menjadi lembaga inde Selengkapnya

    Kominfo Terima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023

    Kementerian Kominfo mendapatkan penghargaan sesuai Hasil Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Informasi Pusat. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA