FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 12-2018

    1825

    Kominfo Blokir 738 Fintech Ilegal Sepanjang 2018

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melaporkan telah memblokir 738 sistem financial technology (fintech) ilegal sepanjang 2018.  Lebih rinci lagi, sistem informasi fintech ilegal tersebut terdiri atas 211 website dan 527 aplikasi fintech ilegal yang tersedia toko aplikasi Google Play Store.

    Kominfo menyebutkan jumlah website fintech ilegal paling banyak diblokir pada bulan Desember 2018, yakni sebanyak 134 website. Demikian pula versi aplikas, terbanyak diblokir pada bulan yang sama juga, yakni 216 aplikasi. 

    Menurut data Kominfo per 20 Desember 2018, pada bulan Januari sampai dengan Juli tidak ada website dan aplikasi yang diblokir. Sedangkan di bulan September, Kominfo melakukan pemblokiran terhadap 77 website.  

    Sementara itu untuk aplikasi berbasis Android, Kominfo melakukan penutupan akses terhadap 140 aplikasi selama Agustus. Lalu di bulan berikutnya, September, dilakukan blokir untuk 171 aplikasi. 

    "Pemblokiran dilakukan Kominfo berdasarkan permintaan OJK selaku instansi pengawas dan pengatur sektor jasa keuangan. Selain itu, pemblokiran juga dilakukan atas dasar aduan masyarakat melalui aduan konten serta penelusuran mesin AIS Kementerian Kominfo," tutur Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu dalam siaran persnya, Kamis (20/12/2018). 

    Bagi masyarakat yang menemukenali adanya website atau aplikasi yang terindikasi termasuk fintech ilegal, dapat melaporkannya melalui aduankonten.id atau akun Twitter @aduankonten. 

    "Agar bisa ditindaklanjuti oleh Satuan Tugas Waspada Investasi Illegal yang beranggotakan lebih dari 13 kementerian dan lembaga," pungkas pria yang kerap disapa Nando itu.

    Sumber berita: www.detik.com (21/12/2018)

    Pewarta: Agus Tri Haryanto

    Berita Terkait

    Kominfo 2020, di tengah pandemi COVID-19

    Tahun 2020 menjadi tahun yang menantang bagi Indonesia sejak pandemi virus corona melanda pada Maret lalu. Selengkapnya

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Kemkominfo Tambah Fitur Aplikasi Simonas

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menambahkan beberapa fitur terbaru di aplikasi Sistem Informasi Monitoring Alumni Sertif Selengkapnya

    Kemkominfo latih penggunaan aplikasi desa di PPU

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melatih penggunaan aplikasi administrasi kependudukan (adminduk) pada 30 desa di Kabupat Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA