FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 12-2018

    1686

    Redam Distorsi Informasi, Kemenkominfo Luncurkan Portal dan TV

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Mengikuti perkembangan zaman, Government Public Relation Televisi (GPR TV) merupakan revitalisasi cara komunikasi pemerintah dengan masyarakat. GPR TV merupakan channel TV Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang tidak hanya menjadi fungsi bagi Kemenkominfo, tetapi juga bagi kementerian dan lembaga pemerintahan lainnya.  Kemenkominfo meluncurkan portal berita www.indonesia.go.id dan GPR TV yang sudah bisa ditonton di platform TV satelit Ninmedia dan aplikasi KUGO milik Ninmedia, Senin (17/12) lalu di ruang serbaguna Roeslan Abdulgani, kantor Kemenkominfo, Jakarta. 

    Selain dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, hadir pula dalam peluncuran Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko, Guru Besar Manajemen UI Prof DR Rhenald Kasali, dan Staf Khusus Presiden Johan Budi SP. 

    Portal www.indonesia.go.id dan GPR TV hadir untuk memberikan gambaran utuh mengenai Indonesia sebagai upaya untuk nation branding. GPR TV sendiri berfungsi sebagai ruang pemerintah di layar kaca yang terdiri dari enam pilar program antara lain Sudut Istana sebagai program seputar Presiden dan Wakil Presiden, Bincang Menteri yaitu, program kebijakan dari orang nomor satu kementerian, Kabar Daerah mengenai kemajuan pembangunan di setiap provinsi, Kupas Tuntas Lugas mengenai kebijakan baru pemerintah, Bhinneka Tunggal Ika sebagai program unik tentang keberagaman dan kekayaan budaya Indonesia, dan Indonesia Jaya, program pencapaian prestasi anak bangsa di ajang nasional dan internasional. 

    Menkominfo RI Rudiantara menjelaskan, hadirnya GPR TV di platform TV satelit Ninmedia merupakan wujud dari pemerataan sumber informasi yang menjadi bagian dari program pemerintah selama ini.” GPR TV memberikan akses informasi mengenai programprogram pemerintah kepada seluruh masyarakat, terutama yang berada di daerah pelosok dan perbatasan yang selama ini tidak bisa menjangkau channel-channel TV nasional,” ujarnya. 

    Rudiantara menambahkan, portal www.indonesia.go.id dan GPR TV berperan antara lain untuk meredam, menetralisir, dan menjawab banyaknya distrosi informasi yang beredar di sosial media sebagai upaya untuk provokasi dan menciptakan paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila. 

    President Director Ninmedia Rahadi Arsyad turut mengaku sangat prihatin di era yang sudah digital ini, menyaksikan siaran TV atau radio masih menjadi sebuah kemewahan bagi beberapa area di daerah pelosok dan perbatasan Indonesia. 

    ”Ini tidak hanya lagi menjadi beban pemerintah semata, tetapi sudah sepantasnya menjadi tanggung jawab kita bersama. Platform TV satelit Ninmedia sendiri bisa menjangkau masyarakat seluruh Indonesia, sehingga kini, masyarakat yang berada di daerah pelosok dan perbatasan bisa menikmati puluhan channel mulai dari tayangan hiburan, edukasi, keagamaan, film, program untuk anak, musik hingga film-film bioskop,” ujarnya. 

    Rosarita Niken Widiastuti, Direktur Jenderal (Dirjen) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) menjelaskan, tujuan GPR TV untuk memfasilitasi lembaga kementerian dan daerah yang memiliki konten dalam format video, dengan memberikan ruang atau media untuk branding. Sementara visi dari GPR TV sendiri untuk mencerahkan, memberdayakan dan memperkokoh NKRI antara lain lewat pengenalan ragam potensi dan keunggulan Indonesia yang begitu kaya.

    Sumber berita: www.indopos.co.id (20/12/2018)

    Pewarta: Nurhayat

    Berita Terkait

    Percepat Pemulihan Ekonomi, Menkominfo Dorong Kemitraan Multipihak

    Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi perekonomian di banyak belahan dunia. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan untu Selengkapnya

    Peran BAKTI Kominfo Mulai Dirasakan Publik

    Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI Kominfo memikul tanggung jawab memperluas akses internet dan memperkuat infrastru Selengkapnya

    Menkominfo: Informasi Vaksin Covid akan Disampaikan Akurat

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, informasi terkait kedatangan vaksin akan disampaikan kepada masyarakat secara Selengkapnya

    Anggota DPR apresiasi Kemkominfo majukan ekonomi digital di Indonesia

    Anggota Komisi I DPR RI Toriq Hidayat mengapresiasi berbagai langkah yang telah dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemko Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA