FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 01-2019

    359

    Pemerintah dan DPR Sepakat Perbesar Alokasi Anggaran Mitigasi Bencana

    KategoriBerita Pemerintahan | mth
    Sebuah rambu penunjuk jalur evakuasi terpasang di sekitar lokasi pengungsian warga korban bencana gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (5/1/2019). Keberadaan rambu tersebut memudahkan masyarakat untuk melakukan proses evakuasi atau menyelamatkan diri saat terjadinya bencana termasuk gempa dan tsunami. - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo -  Pemerintah bersama dengan DPR telah mengalokasikan anggaran yang lebih besar untuk melakukan edukasi dan mitigasi kebencanaan di Indonesia. Indonesia yang berada di wilayah rawan bencana membutuhkan kesiapsiagaan dari seluruh elemen dalam menghadapi bencana.

    Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo dalam pengantar rapat kabinet paripurna yang diadakan di Istana Negara, pada Senin (07/01/2019). Dalam rapat tersebut, Presiden bersama dengan jajaran Kabinet Kerja membahas program dan kegiatan untuk tahun 2019.

    “Saya ingin mengingatkan untuk terus memperkuat daya tahan dan kesigapan kita dalam menghadapi bencana. Pada APBN 2019 pemerintah bersama DPR telah mengalokasikan lebih banyak lagi anggaran untuk melakukan edukasi dan mitigasi bencana alam,” kata Presiden.

    Menurutnya, sebagai sebuah negara di wilayah cincin api, masyarakat Indonesia harus sigap dan tangguh dalam menghadapi kemungkinan bencana alam yang terjadi.

    Terkait dengan edukasi kebencanaan, Kepala Negara menginstruksikan jajaran terkait agar mulai memperkenalkan dan memberikan edukasi terkait mitigasi bencana sejak dini. Perkenalan awal pada mitigasi bencana diharapkan dapat menambah pengetahuan para siswa dan masyarakat mengenai tindakan yang harus dilakukan saat bencana terjadi.

    “Saya juga minta agar edukasi kebencanaan ini betul-betul dikerjakan secara baik dan konsisten, dilakukan sejak dini, dan masuk dalam muatan yang diajarkan dalam sistem pendidikan kita sehingga betul-betul kita siap dalam menghadapi setiap bencana yang ada,” tandasnya.

    Berita Terkait

    Bertemu di MRT, Sepakat Tidak Ada Lagi Cebong, Kampret

    Presiden Joko Widodo yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai Presiden RI terpilih periode 2019-2024 akhirnya bertemu Selengkapnya

    Pemerintah Buka Pendaftaran Menjadi Anggota KASN 2019-2024

    Selengkapnya

    Presiden Perintahkan Mendikbud Evaluasi Kebijakan Zonasi Sekolah

    Banyaknya respons dan reaksi masyarakat yang keberatan terhadap pelaksanaan kebijakan zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahu Selengkapnya

    Terobosan Investasi, Pemerintah Segera Pangkas Pajak Besar-Besaran

    Pemerintah melakukan terobosan untuk meraih investasi dan meningkatkan ekspor sebanyak-banyaknya. Salah satu terobosan yang dilakukan adalah Selengkapnya