FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 01-2018

    1228

    Konsolidasi Demokrasi Bukan Ajang Menghujat dan Sebar Hoaks

    Kategori Berita Pemerintahan | mth
    Warga memberikan dukungan tanda tangan saat peresmian Jabar Saber Hoaks di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Jumat (7/12/2018). Jabar Saber Hoaks merupakan lembaga yang akan memverifikasi konten dan informasi hoaks khususnya di Jawa Barat. - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo - Memasuki masa pesta demokrasi yang berlangsung lima tahun sekali, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan ajang konsolidasi demokrasi itu milik semua elemen bangsa. Oleh karena itu, Mendagri mengimbau agar pelaksanaan konsolidasi demokrasi bukan menjadi ajang untuk saling menghujat dan menebar hoaks, namun sebagai ajang memperkuat demokrasi dengan berlandaskan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

    “Pesta demokrasi 5 (lima) tahunan sekali merupakan konsolidasi demokrasi milik semua elemen bangsa”, kata Tjahjo, di Jakarta Rabu (9/1/2019)

    Menurut Mendagri upaya mewujudkan konsolidasi demokrasi milik seluruh elemen bangsa tidaklah mudah. Menurutnya banyak tantangan yang sering muncul dan mengancam konsolidasi demokrasi itu sendiri.

    “Munculnya Ormas yang menyebarkan paham radikal dan anti terhadap Pancasila merupakan tantangan bangsa yang harus dilawan. Jangan jadikan ajang demokrasi sebagai ajang untuk saling menghujat dan menebar hoax, namun sebagai ajang memperkuat demokrasi dengan berlandaskan Pancasila, UUD 1945,  NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,” jelas Tjahjo.

    Tjahjo menambahkan, Pemerintah terus mendorong agar proses konsolidasi demokrasi ini berjalan lancar. Sampai akhirnya, menurut Tjahjo akan bermuara pada satu tujuan. “Konsolidasi demokrasi semata – mata bertujuan untuk mewujudkan sistem pemerintahan presidensil yang lebih efektif dan efisien, memperkuat posisi DPR, memperkuat posisi DPD, memperkuat posisi DPRD, dan memperkuat posisi presiden dan wakil presiden,” ungkap Tjahjo.

    Berita Terkait

    Indonesia-Apple Jajaki Peluang Pengembangan Manufaktur dan Investasi Teknologi

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan bahwa Apple berencana untuk menambah Apple Developer Academy keempat sebagai i Selengkapnya

    Jaga Kondusifitas, Menko Polhukam Imbau Media Cegah Sebar Hoaks

    Pemerintah terus berkoordinasi untuk melakukan langkah antisipasi pengamanan di bidang informasi dan komunikasi pasca pemungutan suara Pemil Selengkapnya

    Wapres Minta Generasi Muda Muslim Unggul dan Maju, Berpedoman Qur’an Hadits

    Pesatnya teknologi informasi dapat memberikan tantangan tersendiri bagi kaum muda, karena menyita perhatian dan membuat mereka terlena. Selengkapnya

    Digitalisasi Izin Event, Buka Peluang Lapangan Kerja

    Penyelenggaraan event yang merupakan bagian dari ekonomi kreatif bisa menjadi salah satu pengungkit perekonomian. Apalagi, sektor ekonomi kr Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA