FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 01-2019

    1201

    Pemerintah Semakin Giat Tangkal Hoaks

    Kategori Sorotan Media | daon001

    JAKARTA - Menjelang pesta demokrasi tahun 2019 ini, pemerintah semakin giat menangkal peredaran hoaks melalui dunia maya. Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun sinergisitas untuk mencegah dampak negatif penyebaran hoaks di Indonesia. Menurut Deputi VII Kemenko Polhukam, Rus Nurhadi sinergi antar lembaga diperlukan agar usaha penangkalan hoaks lebih terjamin.

    "Tahun ini pesta demokrasi bangsa kita. Perlu bagi membahu untuk mencegah sesuatu yang akan menjadi perpecahan bangsa," kata dia, usai Rapat Koordinasi dengan Tim Sinergi Media Sosial Aparatur Negara) di Ruang Rapat Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat (11/1). 

    Sementara itu, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik R Niken Widiastuti menyatakan rapat dilaksanakan untuk menyusun strategi dalam menangkal penyebaran hoaks. Tahun politik, menurut Niken merupakan saat untuk merapatkan barisan mencegah tersebarnya hoaks. 

    "Hoaks setia hari yang disebarkan tentunya sangat berbahaya. Selain hoaks, ada fitnah, provokasi, ujaran kebencian dan menghasut. Kalau tidak ditangani secara sungguhsungguh bisa berpotensi menimbulkan disintegrasi bangsa," kata dia. 

    Tantangan menangkal hoaks itu dinilai Dirjen Niken semakin besar, pasalnya beberapa aktivitas penyebaran menjadi semakin masif karena menggunakan akun bot atau akun palsu. Hal yang menjadi perhatian bersama bagaimana melakukan respons secara cepat agar tidak membuat masyarakat menjadi bingung. 

    "Kita menangkal hoaks tidak hanya untuk menangkal media sosial yang digerakan orang per orang, tapi sekarang ini justru medsos digerakkan oleh bot atau mesin-mesin. Sehingga kalau kita tidak cepat dalam merespons, akan membingungkan masyarakat dan masyarakat akan ada di situasi yang negatif," ujar Niken.

    Sumber berita: www.republika.co.id (12/01/2019)

    Pewarta: Inas Widyanuratikah

    Berita Terkait

    Pemerintah Tuntaskan Sosialisasi Siaran Digital Periode 2020

    KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) bersama dengan Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) serta Kementerian Komunikasi dan Inform Selengkapnya

    Kemkominfo Tambah Fitur Aplikasi Simonas

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menambahkan beberapa fitur terbaru di aplikasi Sistem Informasi Monitoring Alumni Sertif Selengkapnya

    Pemerintah Lakukan Transformasi Digital Melalui Empat Pilar

    Untuk memaksimalkan potensi bangsa dalam ekonomi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah membangun infrastruktur digital yang Selengkapnya

    Pemerintah Lakukan Transformasi Digital Melalui Empat Pilar

    Untuk memaksimalkan potensi bangsa dalam ekonomi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah membangun infrastruktur digital yang Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA