FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 01-2019

    1047

    Kemenkominfo Ingin Perluas Jangkauan Infrastruktur Digital

    Kategori Sorotan Media | daon001

    JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengatakan pembangunan infrastruktur digital merupakan hal yang tidak mungkin dihindari. Ia mengatakan, pemerintah berniat memperluas jangkauan dan akselerasi infrastruktur digital sebagai bentuk keberpihakan terhadap kebutuhan rakyat. 

    Saat ini pemerintah sedang menyelesaikan pembangunan Palapa Ring Timur. Rudiantara mengatakan, apabila pembangunan Palapa Ring telah selesai seluruhnya, infrastruktur digital Indonesia akan menempati nomor dua di ASEAN. 

    "Kalau tidak membangun infrastruktur digital kita tidak bisa kemana-mana, pasti kalah dengan negara lain. Kita membangun infrastruktur digital Palapa Ring, satelit kita di ASEAN sampai saat ini masih nomor empat. Tapi kalau Palapa Ring selesai semua, kita bisa menjadi nomor dua aksesnya," kata Rudiantara, usai menghadiri HUT ke-9 Bukalapaka, di Jakarta Convention Center, dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (10/1). 

    Pembangunan infrastruktur ini juga diharapkan dapat meningkatkan inovasi dan daya saing para pengusaha UMKM. Kemenkominfo mendorong para pelaku usaha tersebut agar memanfaatkan plarform online. 

    "Ini merupakan salah satu bentuk nyata dari program UMKM go online yang memiliki tujuan untuk mewujudkan visi 'Digital Energy of Asia'," kata dia. 

    Selain itu, Pemerintah menurut Rudiantara melakukan akselerasi dengan cara mempertemukan start-up Indonesia yang dinilai bagus dan potensial untuk bertemu calon investor baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini dilakukan dengan tujuan menambah perusahaan unicorn di Indonesia.

    Sumber berita: www.republika.co.id (12/01/2019)

    Pewarta: Inas Widyanuratikah

    Berita Terkait

    Pemerintah Tuntaskan Sosialisasi Siaran Digital Periode 2020

    KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) bersama dengan Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) serta Kementerian Komunikasi dan Inform Selengkapnya

    Menkominfo: Kebijakan Transformatif untuk Ciptakan Ekosistem Digital Mumpuni

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G. Plate menyatakan, pada tahun 2021, pemerintah mengambil langkah ekstra untuk memper Selengkapnya

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    Pemerintah Lakukan Transformasi Digital Melalui Empat Pilar

    Untuk memaksimalkan potensi bangsa dalam ekonomi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah membangun infrastruktur digital yang Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA