FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 01-2019

    1381

    SAM Bidang Hukum: Sebaran Hoaks Bahayakan Indonesia!

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf
    Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Hukum Henri Subiakto mengajak warganet untuk cerdas dalam menghadapi informasi. Hal itu disampaikan dalam Tayangan Tok Tok Kominfo edisi "Tips dan Trik Hajar Hoaks", Selasa (15/01/2019). - (AYH)

    Jakarta, Kominfo - Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Hukum Henri Subiakto menyatakan bahaya hoaks tidak hanya menyerang secara pribadi, namun hoaks sengaja digunakan untuk dapat memperkeruh dan mengganggu agenda-agenda nasional. Masyarakat dibebani dengan informasi-informasi yang belum tentu benar, bahkan bisa membahayakan negara tercinta.

    “Hoaks itu sangat membahayakan Indonesia, karena hoaks tidak hanya dipakai untuk menyerang kontestasi Pilpres atau Pemilu ini, tapi hoaks juga digunakan untuk menyerang lembaga-lembaga negara, terutama yang berperan menjaga agenda nasional pemilu seperti KPU dan Bawaslu, bahkan proses pemilunya sendiri diserang dengan hoaks,” ungkapnya dalam Program TokTok Kominfo Edisi ke-10, di Jakarta, Selasa (15/01/2019).

    Menurut Henri, upaya untuk membangun ketidakpercayaan terhadap lembaga penyelenggara Pemilu jelas akan berdampak pada proses berbangsa dan bernegara. Beberapa pekan terakhir masih banyak hoaks yang bermunculan seperti tujuh container yang mengisi surat suara, hoaks mengenai anggota KPU yang dikabarkan dekat dengan calon tertentu, hoaks KTP elektronik palsu sekian juta. Dengan adanya kabar bohong seperti ini seakan-akan sudah tidak adanya kepercayaan dalam konteks pemilu.

    "Bagaimana jadinya negara sebesar Indonesia berkembang jika masyarakat tidak percaya dengan proses pemilu, tidak percaya dengan para hakim yang dijadikan dan dipercayakan sebagai penyelenggara. Inilah yang sangat berbahaya. Nanti kalau siapapun yang pemenangnya dikatakan pemilunya gak benar karena ada pemihakan ada kecurangan, padahal belum mulai penyelenggaraan tapi sudah ada hoaks yang mencoba untuk mendelegitimasi proses pemilu dan lembaga yang independen,” ujar Henri.

    Lebih lanjut Henri mencontohkan peran KPU yang merupakan lembaga independen negara dalam menyelnggarakan pemilu juga ikut menjadi korban hoaks, sementara proses pemilihan dan pengangkatan anggota dan komisioner KPU melalui tahapan yang tidak mudah dan berpedoman pada amanat konstitusi. 

    “Padahal yang namanya KPU kan dipilih dari orang-orang yang sudah mumpuni di bidang pemilihan umum, mereka itu merupakan orang-orang yang tidak memihak dimanapun, diawasi oleh DPR, Dewan Kehormatan Pemilu, serta juga diawasi oleh masyarakat dan juga media,” kata Henri. 

    Oleh karena itu, Henri mengingatkan agar masyarakat memberikan kepercayaan penuh kepada penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU dan Bawaslu, masyarakat juga jangan terpengaruh oleh pemberitaan yang sering diterima melalui pesan atau chat di platform media sosial.

    “Sebenarnya tidak ada alasan lagi kita ini meragukan orang-orang yang dipilih secara independen, tapi hoaks masih menjadi ancaman untuk masyarakat. Bahkan beberapa pekan terakhir yang ketahuan hoaks mengenai tujuh container yang memuat jutaan surat suara, sementara KPU sendiri belum menyelenggarakan Pemilu,” ungkapnya. 

    SAM Bidang Hukum memberikan pandangan mengenai cara menangkal hoaks kepada masyarakat, khususnya hoaks yang berkaitan dengan kontestasi pemilu di era digital seperti saat ini. 

    “Saya hanya ingin mengingatkan kepada teman-teman semua, hoaks ini tidak hanya di Indonesia tapi juga terjadi di berbagai negara, dan hoaks itu sudah menjadi bagian dari permainan politik di era digital, kalau orang sudah ngomong politik di era digital memang banyak yang menggunakan hoaks,” jelasnya. **

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Pengungsi Rohingya Sengaja Dikirim ke Indonesia

    Klaim pengungsi Rohingya sengaja dikirim ke Indonesia agar teralihkan dari isu Palestina tidak sesuai fakta. Selengkapnya

    Transformasi Digital dan Pemerataan Akses Internet Kunci Indonesia Maju 2045

    Konektivitas yang cepat dan merata akan membuka peluang bagi masyarakat dan pelaku usaha untuk memanfaatkan teknologi digital untuk meningka Selengkapnya

    Peringatan HAN 2023, Anak-Anak Aset Masa Depan Indonesia

    Peringatan Hari Anak Nasional menjadi momentum yang tepat untuk menggaungkan dan mengingatkan kembali kepada masyarakat terhadap perlindung Selengkapnya

    Awas Hoaks! Australia Sogok Indonesia dengan Senjata

    Ternyata klaim dalam video yang beredar tersebut adalah keliru. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA