FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 01-2019

    1424

    Rudiantara Sebut 2 Startup Ini Berpotensi Jadi Unicorn

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Jakarta - Setelah sektor transportasi dan e-commerce Indonesia sukses menjadi Unicorn, kini giliran sektor pendidikan dan kesehatan yang berpotensi memiliki valuasi di atas US$ 1 miliar. 

    "Kalau menurut saya bagaimanapun dilihat dari potensi, secara teoritis itu yang akan jadi unicorn adalah startup sektor pendidikan, yang edutech," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara kepada media saat dijumpai di Jakarta, Sabtu (19/1/2019). 

    Lebih lanjut, ia menjelaskan, hal itu disebabkan sektor pendidikan sedang menjadi fokus pemerintah saat ini. Ia menyebutkan, untuk pendidikan, pemerintah membelanjakan APBN-nya 20%, di tahun ini bahkan pemerintah menganggarkan dana pendidikan hampir mencapai Rp 500 triliun. 

    Tidak hanya pendidikan saja, menurut Rudiantara, startup di sektor kesehatan pun memiliki potensi yang sama. Alasannya, kesehatan juga menjadi fokus pemerintah, meski alokasi dananya belum sebesar di sektor pendidikan. 

    "Kesehatan sebetulnya nomor dua secara teoritis setelah pendidikan, karena 5% apbn kita untuk kesehatan," katanya. Adapun, sebelumnya, Rudiantara pernah menyampaikan, di tahun ini pemerintah menargetkan akan ada lima startup unicorn di Indonesia. Startup Unicorn merupakan startup yang memiliki valuasi di atas US$1 miliar (Rp 14,1 triliun). 

    Selain unicorn, ia juga mengatakan, Indonesia berpotensi memiliki dua decacorn tahun ini. Decacorn merupakan startup yang memiliki valuasi di atas US$10 miliar atau setara Rp 141 triliun (asumsi US$1 = Rp 14.100). 

    "Potensi (decacorn) dua tetapi setidaknya satu. Saya gak mau sebut namanya," ujar Rudiantara di Hotel Mulia Jakarta, Rabu (9/1/2019).

    Sumber berita: www.cnbcindonesia.com (20/01/2019)

    Pewarta: Anastasia Arvirianty

    Berita Terkait

    Kominfo Dorong Startup Berinovasi Perkuat Ekonomi Digital

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendorong perusahaan rintisan atau startup untuk berinovasi, guna memperkuat ekosistem ekon Selengkapnya

    Di Depan Investor, Rudiantara: Kami Ingin Banyak Unicorn RI

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) siap mendukung pertumbuhan startup Selengkapnya

    Rudiantara Ungkap Strategi Dorong Ekonomi Tumbuh di Atas 5%

    Ekonomi Indonesia bisa tumbuh lebih dari 5% jika mengandalkan ekonomi digital dalam mendorong konsumsi domestik. Hal ini diungkapkan Menteri Selengkapnya

    JK Tekankan Pentingnya Startup yang Bernilai Jual

    Wakil Presiden Jusuf Kalla menekankan para generasi muda mulai memikirkan startup yang bernilai jual. Menurut JK, tak cukup startup hanya me Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA